Sinergi Pemerintah Pusat Dan Daerah Kunci Suksesnya Proyek Strategis Nasional

By Admin


nusakini.com - Mataram - Dalam acara Diseminasi dan Implementasi Kebijakan Perekonomian Nasional dan Klinik Bisinis di Wilayah Timur oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (22/4/2016), di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional Sekretaris Kabinet, Satya Bhakti mengatakan, perlunya sinergi pusat dan daerah untuk memperkuat komitmen pemerintah dalam percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Saat ini sedang didorong sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Setidaknya hingga saat ini sudah ada 225 PSN dimana termasuk satu program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yaitu penyediaan listrik sebesar 35 ribu Megawatt (MW) dalam jangka waktu 5 tahun (2014-2019).

Satya menambahkan bahwa pemerintah daerah harus mendukung pelaksanaan pembangunan proyek strategis nasional supaya memberikan dampak terhadap sektor lainnya di daerah. Hal ini karena proyek strategis nasional adalah proyek yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan badan usaha yang memiliki sifat strategis untuk peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

"Kita disini mengharapkan pemerintah daerah menyelesaikan hal teknis seperti perizinan dan pembebasan lahan dan menyelesaikan proyek strategis nasional yang telah ditetapkan", ungkap Satya Bakti.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Daya Saing Nasional Kemenko Perekonomian Bambang Adi Winarso memandang perlu implementasi kebijakan pemerintah di daerah, ini guna mewujudkan sinkronitas kebijakan terutama dalam pembangunan proyek yang telah dicanangkan oleh pemerintah selama ini.(if/mk)