Simpul Muda Community Kembali Menggelar Makassar Futsal League

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Simpul Muda Community Kembali menggelar Makassar Futsal League (MFL) yang dijadwalkan mulai bergulir pada 23 Juni mendatang. Ajang ini akan diikuti oleh tim futsal dari 153 kelurahan yang berada di 15 kecamatan di Makassar. 

"Pada tahun lalu, MFL diikuti oleh 104 tim.dan dilaksanakan di Pantai Losari," ujar Ibnu Hajar, koordinator panitia yang juga bidang kompetisi Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan pada jumpa media di Red Corner Cafe Makassar, Rabu (23/5) malam.

Menurut Ibnu, untuk format pertandingan memakai sistem zona. Misalnya, dalam satu kecamatan akan dibuat dalam dua grup dan sang juara akan bersaing di zona Makassar. "Semacam kualifikasi di mana masing-masing kecamatan dibagi dua grup dengan pola setengah kompetisi," jelas Ibnu.

Ketua Asosiasi Futsal Kota (AFK) Makassar, Arianto Najib menambahkan MFL Vol II ini diperuntukkan untuk menjaring pemain yang akan mewakili Sulsel di Pra PON.

"Meski ajang Pra PON cabang olahraga futsal belum ditentukan jadwalnya, paling tidak Sulsel telah mempersiapkan diri," terang Arianto.

Ahmad Sutanto, Ketua AFP Sulsel berharap MFL dapat berjalan lancar. Ahmad pun berharap ajang ini menghasiikan pemain andal untuk memmperkuat Sulsel."Selain ajang ini, AFP Sulsel juga akan mencari pemain di Liga Nusantara dan Kejuaraan Daerah," terang Ahmad.

Ahmad menambahkan, pihaknya ingin Sulsel bisa berkiprah di PON Papua 2020. "Pada PON Jabar 2016, Sulsel tersingkir di kualifikasi. Kali kami berharap bisa menembus Papua tahun depan," ungkap Ahmad. Di PON 2020 nanti, kouta cabor Futsal hanya 10 dan sudah termasuk tuan rumah.(ab)