Sigap Pantau Kebakaran, Mendes PDTT Terbangkan Drone dan Terjun Langsung ke Lokasi

By Admin

nusakini.com--Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, memantau langsung lokasi kebakaran yang terjadi di lantai tiga Gedung Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Senin (28/8). Menteri Eko menerbangkan drone atau pesawat kamera tanpa awak dan masuk langsung ke lokasi. 

Menteri Eko mulai menerbangkan drone sekitar pukul 10 saat asap mulai berkurang. Drone tersebut diterbangkan tepat di depan jendela ruangan yang terbakar, yakni di lantai tiga. Setelahnya, ia juga memantau kondisi lantai empat Gedung Transmigrasi yang terkena dampak kebakaran. 

Setelah menerbangkan drone, Menteri Eko juga langsung mendatangi lokasi kebakaran. Dipandu sejumlah petugas pemadam kebakaran Suku Dinas Jakarta Selatan, Menteri Eko masuk ke dalam ruangan menggunakan alat pengaman pernafasan atau breathing apparatus. Sekitar 30 menit dirinya mengecek lokasi tersebut. 

  "Yang saya lihat tidak ada berkas yang terbakar. Penanganannya tadi cepat. Saya tidak ingin mengambil kesimpulan apa penyebab utamanya," ungkapnya saat dirinya kembali turun.  

Menteri Eko akan mengevaluasi perawatan gedung perkantorannya. Dirinya pun meminta pihak kepolisian untuk segera mengusut peristiwa yang terjadi di kantornya. Selain itu, Menteri Eko juga mengapresiasi kecepatan petugas Damkar yang mengendalikan keadaan. 

  "Saya berterima kasih kepada petugas Damkar yang dengan cepat melokalisir kebakaran sehingga api tidak cepat merembet ke ruangan dan gedung lainnya. Saya juga minta polisi segera turun untuk mengusut peristiwa ini," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Kerjasama, Fajar Tri Suprapto, menjelaskan, asap mulai mengepul sejak pukul 9 pagi tadi. Dengan sigap, petugas keamanan kementerian langsung mengevakuasi karyawan ke tempat yang lebih aman. 

 "Awal mula berasal dari lantai tiga, kemudian naik ke lantai empat. Berawal dari panel listrik dan AC," ujar Fajar. 

  Lokasi yang terbakar, lanjut Fajar, adalah Gedung A, salah satu ruangan di Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (Ditjen PKP2Trans). Untuk sementara kegiatan di Ditjen PKP2Trans dialihkan ke ruangan lain.  

  “Saat ini lokasi sudah kembali kondusif. Karyawan lain sudah kembali bekerja. Pembersihan masih terus dilakukan untuk memastikan lokasi yang terbakar dalam kondisi aman sepenuhnya,” sambungnya. (p/ab)