Serunya Peringatan Hari Kelahiran Pancasila oleh WNI di Italia

By Admin

nusakini.com--Serunya suasana peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2017 bukan hanya dirasakan di Indonesia saja. Warga Indonesia di Italia juga tak ketinggalan ikut memeriahkan peringatan lahirnya dasar negara Indonesia ini.

Berbeda dengan di Indonesia dimana 1 Juni ditetapkan sebagai libur nasional, para warga Indonesia di Italia tetap beraktifitas sebagaimana biasanya namun tetap menyempatkan diri untuk sejenak mengekspresikan rasa cinta mereka terhadap Pancasila. 

Di KBRI Roma, Duta Besar Esti Andayani memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang diikuti oleh seluruh staf KBRI Roma, anggota Dharma Wanita Persatuan serta pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Roma. 

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Esti Andayani menyampaikan pesan mengenai pentingnya menjaga kebersamaan dan rasa gotong royong bagi warga Indonesia di Italia, Siprus, Malta dan San Marino yang saat ini jauh dari tanah air sembari terus meningkatkan citra Indonesia. 

"Keberagaman bangsa adalah kekayaan kita, persatuan itulah kekuatan kita, dan Pancasila menjadi naungan kita semua," tegas Duta Besar Esti Andayani. 

Selama sepekan ini, warga Indonesia dilibatkan KBRI Roma dalam berbagai ragam ekspresi yang menunjukkan komitmen mereka atas nilai-nilai Pancasila dan persatuan Indonesia. Berbagai foto dan pesan video terkait Pekan Pancasila 2017 disebarkan melalui jejaring media sosial KBRI Roma dan Pekan Pancasila. Ada ekspresi para Ibu dari Milan dan sekitarnya, juga para pelajar dari kota Roma, Milan hingga Calabria. 

Dalam Pekan Pancasila ini, pengurus PPI Roma juga berdiskusi dengan KBRI Roma mengenai upaya memperkuat promosi Indonesia di Italia, seiring dengan meningkatnya minat mahasiswa Indonesia untuk belajar di Italia dan juga sebaliknya. 

Selain itu, dalam Pekan Pancasila juga akan digelar kegiatan buka puasa bersama oleh beragam komponen masyarakat Indonesia di berbagai daerah di Italia. Kegiatan ini diyakini akan dapat mempererat rasa kebersamaan antar-masyarakat Indonesia. 

Pemerintah Italia sendiri dalam berbagai kesempatan menegaskan bahwa masyarakat majemuk Indonesia dengan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi contoh bagi dialog lintas agama dan budaya. (p/ab))