Sertifikasi Hatchery Skala Rumah Tangga Di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

By Admin


nusakini.com - Barru Benih yang berkualitas dapat diperoleh jika dihasilkan dari panti pembenihan yang memiliki dan melaksanakan standar pembenihan yang baik, maka Direktorat Perbenihan DJPB melakukan sertifikasi bagi panti-panti pembenihan untuk menjamin produksi benih yang berkualitas. 


Tahun 2016 Dinas Kelautan Perikanan SulSel di targetkan mensertifikasi panti pembenihan sebanyak 13 unit dan telah terealisasi sebanyak 7 unit dan saat ini sedang dilaksanakan proses sertefikasi di Kabupaten Barru sebanyak 3 unit yaitu :


(1). HSRT Sumber Laut di Lingkungan Jalangnge Kelurahan Mallawa Kecamatan Mallusetasi yang di miliki oleh Bapak Bachtiar dengan kapasitas produksi 10 juta benur dan jumlah tenaga kerja 3 orang. 

(2). HSRT Mathone Benur di Dusun Palie Desa Madello Kecamatan Balusu yang dimiliki oleh Bapak Herianto dengan kapasitas produksi 10 juta benur dan tenaga kerja 4 orang.

(3). HSRT Benur Sejahtera di Dusun Kupa Desa Kupa Kecamatan Mallusetasi dimiliki oleh Bapak M. Riad Ismail dengan kapasitas produksi 8 juta ekor dan tenaga kerja 3 orang


Tim Penilai Bapak Ngurah Sedana Yasa dari Ditjen Perbenihan DJPB KKP dan Thamrin Noursalam dari Dinas Kelautan Perikanan SulSel dan didampingi staf dr Dinas KP Barru.(sul)