Seni Tari dan Kuliner Indonesia Meriahkan Pasar Amal Dar Al Atta’a di Oman

By Admin

nusakini.com--Kesenian tari-tarian Indonesia dan kuliner khas nusantara ikut memeriahkan the 2nd International Food Fair (IFF) yang diselenggarakan oleh Dar Al Atta'a Association di Hotel InterContinental Muscat, Oman, akhir pekan lalu.

Dar Al Atta'a Association merupakan yayasan sosial terbesar di Oman yang kegiatannya meliputi pemberian bantuan pendidikan, bantuan bagi korban bencana, perbaikan perumahan hingga pemberdayaan keluarga yang kurang mampu.

Sejak tahun 2016, Dar Al Atta'a menyelenggarakan IFF yang diikuti oleh berbagai negara dan seluruh hasilnya disumbangkan untuk kegiatan amal. Pada IFF ke-2 ini terdapat lebih dari 20 negara yang berpartisipasi dengan pengunjung yang mencapai ribuan dari pukul 16.00 hingga 22.00. 

Stand Indonesia banyak mendapat perhatian dengan kehadiran dua ondel-ondel besar di sisi kiri dan kanannya. Banyak pengunjung yang berpose dengan ondel-ondel tersebut karena tertarik dengan warna cerah dan ornamen yang menghiasinya.

Tidak puas dengan ondel-ondel, para pengunjung juga berebut untuk berfoto dengan para penari Indonesia yang tampil dengan Tari Rantak, Sirih Kuning dan Jaranan. Kostum mereka yang penuh warna dan aksesoris mendadak jadi pusat perhatian, apalagi ketika melihat penampilan mereka di panggung yang begitu gemulai dan penuh pesona. 

Makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, sate, onde-onde dan risoles juga banyak diserbu para pengunjung, bersanding dengan masakan negara-negara lain yang memiliki ciri khas masing-masing, antara lain tiramisu dari Italia, halwah dari Oman dan pad thai dari Thailand. 

Setiap negara yang berpartisipasi di Pasar Amal ini berlomba-lomba untuk menampilkan ciri khas masing-masing. Bila Indonesia mengusung ondel-ondel, Mesir memasang miniatur piramida lengkap dengan peti berisi mumi buatan.

Thailand juga menghiasi standnya dengan payung-payung cantik, sementara beberapa negara Timur Tengah seperti Qatar, Irak dan Oman menggelar tenda khas padang pasir. Pengunjung yang hadir pun seolah dibawa berkeliling dunia sekaligus berkesempatan mencicipi makanan khas masing-masing negara dan menikmati kesenian tradisional yang dibawakan para peserta. Beramal menjadi semakin menyenangkan dengan suasana yang meriah di tengah keragaman berbagai budaya dari seluruh dunia.(p/ab)