Semua Keputusan Wasit Sudah Tepat Menurut Mauricio Pochettino

By Admin


nusakini.com - London - Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino memberi selamat kepada wasit Jonathan Moss karena telah memimpin pertandingan dengan sangat baik saat timnya menahan Liverpool 2-2 di Anfield, Minggu (4/2) malam WIB.

Dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-26 semalam, Liverpool memimpin terlebih dahulu lewat gol cepat Mohamed Salah di menit ketiga memanfaatkan kelengahan lini belakang lawan, dan Spurs baru bisa menyamakan skor di sepuluh menit jelang waktu normal berakhir melalui tendangan keras Victor Wanyama dari luar kotak penalti.

Kontroversi lantas muncul ketika tim asal London utara itu diberi hadiah penalti setelah penyerang Harry Kane, yang dinilai banyak pihak berada dalam posisi offside sebelum menerima umpan terobosan, dijatuhkan kiper Loris Karius di dalam kotak terlarang. Beruntung bagi Liverpool, karena Karius bisa membaca arah bola dan mengamankan sepakan Kane.

Di saat pertandingan tampak akan berakhir imbang, Salah dengan magisnya mencetak gol kedua Liverpool setelah meliuk-liuk melewati penjagaan Ben Davies dan Jan Vertonghen untuk kemudian memperdaya Hugo Lloris.

Akan tetapi, jalan cerita kembali berubah setelah Moss memberi Spurs penalti kedua, meski awalnya ia tidak mengindahkan pelanggaran Virgil van Dijk terhadap Erik Lamela di dalam kotak terlarang, namun keputusannya itu berubah setelah diberi tahu asistennya di pinggir lapangan. Dan seperti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan kedua, Kane mengarahkan bola ke sudut gawang yang mengecoh Karius.

Ditanya soal kepemimpinan Moss, Pochettino menyatakan: “Saya menyelamati sang wasit. Untuk menunjukkan karakter seperti itu, itu sulit untuk diketahui apakah keputusannya itu tepat di momen tersebut, namun di ruang ganti saya bisa mengonfirmasi bahwa mereka sudah tepat dalam segala keputusan.

“Terkadang kami mengeluh soal mereka – saya tidak – karena saya sudah memutuskan untuk berhenti mengeluh soal wasit beberapa waktu yang lalu. Ini penting untuk memberikan pujian ketika mereka tepat karena ini adalah pekerjaan yang sangat sulit buat mereka. 

“Jika Dejan Lovren tidak menyentuh bola, dia [Kane] offside, namun itu jelas bahwa dia menyentuh bolanya, jadi dia [Kane] onside. Gol kedua adalah pelanggaran jelas Virgil van Dijk – itu adalah keputusan luar biasa karena wasit dan asistennya begitu fokus. Saya harus menyelamati mereka atas keputusan yang sangat sulit ini.” (fft/om)