Sembilan Gol Warnai Kemenangan Persipura Atas Barito

By Admin

nusakini.com--Persipura Jayapura muncul sebagai pemenang dalam laga yang diwarnai hujan gol saat menjamu Barito Putera pada pekan ke-6 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016  di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (13/6/2016). Tim asuhan Jafri Sastra itu berhasil mengalahkan Barito dengan skor tipis 5-4.

Bermain di kandang sendiri, tim berjulukan Mutiara Hitam mampu unggul cepat pada menit ke-3. Gol yang membuat publik tuan rumah bersukacita diceploskan bek kanan, Yustinus Pae. 

Namun, keunggulan Persipura itu tidak bertahan lama karena tim tamu justru berhasil mencetak tiga gol. Striker asal Brasil, Luis Junior mencetak dua gol pada menit ke-9 dan 33 sedangkan satu gol lainnya dicetak bek sayap, Rizki Pora pada menit ke-20. Barito pun menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1.

Pada babak kedua, Persipura yang tidak ingin malu di hadapan publik sendiri berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-3. Kali ini, gol Persipura dicetak sang kapten, Boaz Solossa lewat tembakan keras kaki kiri pada menit ke-51. 

Lima menit berselang, Boaz mencetak gol keduanya di laga ini. Gol mantan kapten Timnas Indonesia itu membuat skor pertandingan menjadi 3-3. Sayangnya, skor itu tidak bertahan lama karena Barito kembali unggul 4-3 berkat hat-trick, Luis Junior pada menit ke-62. 

Seusai unggul 4-3, gawang Barito justru kebobolan dua gol oleh Persipura. Dua gol Persipura dicetak pemain sayap lincah, Ferinando Pahabol pada menit ke-68 dan 88 sekaligus membalikkan skor menjadi 5-4. Sepasang gol Pahabol sekaligus menggaransi tiga poin bagi Persipura. 

Kemenangan dengan skor tipis ini berhasil membawa Persipura ke peringkat 4 klasemen sementara TSC 2016 dengan mengoleksi 11 poin dari 6 pertandingan. Sementara itu, Barito menempati peringkat ke-12 dengan tujuh poin. (p/ab)

Susunan Pemain 

Persipura Jayapura (4-3-3): Yoo Jae-hoon; Yustinus Pae, Bio Paulin, Dominggus Fakdawer, Rony Beroparay; Muhammad Tahir, Nelson Alom, Ferinando Pahabol; Koko Lomell, Thiago Oliveira, Boaz Solossa 

Pelatih: Jafri Sastra 

Barito Putera (4-5-1): Aditya Harlan; Fathlul Rahman, Muhammad Roby, Hansamu Yama, Rizky Pora; Amirul Mukminin, Lucky Wahyu, Adam Alis, Ibrahim Conteh, Paulo Sitanggang; Luis Junior 

Pelatih: Mundari Karya