Semarak Pesta Rakyat Indonesia di Meksiko

By Admin

nusakini.com--Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di ibukota negeri kaktus ini dirayakan dengan meriah. Meskipun Warga Negara Indonesia yang berdiam di Meksiko hanya kurang dari 300 orang, dekorasi merah putih, keriaan lomba dan pertandingan olahraga, keragaman budaya, dan kelezatan makanan Indonesia dirasakan dan dinikmati pula oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang berpartisipasi aktif dan hadir dalam rangkaian peringatan HUT RI. 

"Sudah menjadi kelaziman bagi perwakilan Republik Indonesia di luar negeri memfasilitasikan perayaan peringatan HUT RI. Ini ditujukan untuk terus menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memberikan wadah bagi masyarakat Indonesia untuk merasakan kemeriahan peringatan HUT RI meskipun mereka jauh dari tanah air." Demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, saat membuka acara Pesta Rakyat Indonesia di Bosque de Chapultepec, Mexico City akhir pekan lalu.

Rangkaian Pesta Rakyat Indonesia diawali dengan kegiatan Gerak Jalan Santai yang diikuti oleh sekitar 60 orang WNI. Aneka lomba untuk anak dan keluarga, serta bazaar makanan Indonesia juga memeriahkan Pesta Rakyat Indonesia. Rasa rindu akan kelezatan mie bakso, ayam betutu, gulai kikil, nasi kuning, klepon, bubur mutiara, martabak telur, rendang, dan bakwan terobati.

Rasa rindu akan lagu, musik, dan tarian Indonesia juga terobati dengan penampilan dari kelompok tari Mirah Delima dan Tari Bali, band Grupo Exxodo, kelompok angklung dan tari Pakoeningrat binaan KBRI Mexico City, kelompok tari Anak Indonesia, dan paduan suara Darma Wanita Persatuan KBRI Mexico City. 

Pesta Rakyat Indonesia biasanya memang hanya diperuntukkan untuk WNI, diaspora Indonesia, dan teman Indonesia (friends of Indonesia). Namun Pesta Rakyat Indonesia tahun ini diperuntukkan pula untuk khalayak luas, baik masyarakat umum Meksiko maupun kalangan diplomatik di Meksiko City.

"Sengaja penyelenggaraan Pesta Rakyat Indonesia diselenggarakan di tempat umum dan terbuka. KBRI mengharapkan acara semacam ini dapat dinikmati bersama masyarakat Indonesia dan masyarakat umum, sehingga masyarakat Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan Indonesia secara luas kepada keluarga, teman, dan kerabatnya." Demikian disampaikan Dubes Yusra Khan. 

Kemeriahan Pesta Rakyat Indonesia yang untuk pertama kalinya terselenggara di luar lingkungan KBRI ini ditambahkan dengan penampilan khusus dari CIOFF (Conseil International des Organisation de Festival de Folklore et de’Arts Traditionnels) – Indonesia. CIOFF-Indonesia sengaja hadir berpartisipasi dalam Pesta Rakyat Indonesia di sela-sela lawatan misi budayanya ke Meksiko untuk mengikuti festival budaya Folkloriada Mundial de CIOFF di kota Zacatecas dan Queretaro, sejak 29 Juli hingga 14 Agustus 2016.

CIOFF-Indonesia telah membawa harum nama Indonesia kepada masyarakat Meksiko dan kalangan pencinta seni tari tradisi dari mancanegara melalui keindahan tari Indonesia yang ditampilkannya.  

Pertunjukan tari Wira Rebana, tari Greget Jawara, tari Topeng Tua, tari Bubuka, tari Ginjring, tari Wiranata, dan tari Saman yang telah ditampilkan CIOFF-Indonesia pada festival seni tari tradisi yang diikuti 48 negara tersebut juga ditampilkan di Pesta Rakyat Indonesia, dan disambut hangat oleh sekitar 400 orang pengunjung yang memadati panggung terbuka Quinta Colorada, di lingkungan hutan kota Bosque de Chapultepec seluas 7 hektar.

Salah seorang pengunjung yang pernah berwisata ke Indonesia, Carmen Mihalascu, menyatakan bahwa tampilan beberapa tari Bali oleh CIOFF-Indonesia membuatnya teringat pengalaman berwisata di Bali.(p/ab)