Semarak Kirab Obor Asian Games 2018 Bergema Di Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

By Admin

nusakini.com--Setelah perjalanannya dari titik paling timur dari Indonesia, yakni Pulau Pyainemo, Kirab Obor Asian Games 2018 tiba di Indonesia bagian Tengah, yakni Makassar, tepatnya di perbatasan Bantaeng, Bulukumba.  

Tim Kirab tiba di pelataran Mesjid Dato' Tiro, Islamic Center, Bantaeng, Bulukumba pada pukul 15.00 waktu setempat. Api Asian Games 2018 diberikan oleh Alfian selaku atlet Bulukumba dan diserahkan kepada Bupati Bulukumba, Andi M. Sukri Sappewali. 

"Suatu rahmat dan kehormatan untuk masyarakat Bulukumba dapat menerima obor Asian Games 2018. Semoga masyarakat dapat bersikap ramah, sehingga dapat membuktikan kepada negara yang akan berkunjung hari ini bahwa kita telah siap menyambut Asian Games 2018," ujar Bupati Bulukumba.

Setelah pembukaan oleh Bupati Bulukumba, obor Asian Games 2018 dikirab sepanjang Bulukumba sampai dengan Tanjung Bira. Tim kirab yang terdiri dari 10 atlet Bulukumba, Mario Lawalata, Minarti Timur, dan Rosiana Tendean dikawal oleh pelari dari Polisi dan TNI.  


Kirab kali ini tak hanya melintasi jalur darat, namun juga jalur laut. Obor dibawa dengan Kapal Pinisi yakni kapal yang melegenda untuk suku Bugis. Tak hanya 3 kapal Pinisi, obor juga dikawal dengan 45 sampan. 

Setelah transit di Pelabuhan Pelelangan Ikan pada pukul 17.30 WIB, obor akan terus berlayar ke pantai Tanjung Bira. Obor tersebut dibawa oleh Mario Lawalata. 

Selain Mario, api yang juga dibawa oleh Andi Paliling, atlet lokal Bulukumba, mengutarakan rasa bangganya karena dapat membawa obor Asian Games 2018. Ia berharap agar momen ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh atlet dalam bertanding. 

Sepanjang perjalanan, obor disambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar Bulukumba yang telah menunggu sejak pukul 10.00 WITA disepanjang jalan. Cuaca yang cerah cenderung panas tak menyurutkan semangat mereka menyambut hal yang sangat jarang terjadi ini. 

Malam ini, debur ombak pantai Tanjung Bira menjadi saksi atas penyambutan Obor Asian Games 2018 dalam Festival Torch Relay. Festival ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, perwakilan Panitia Pelakasana Asian Games 2018, Pimpinan Telkomsel, juga perwakilan DPD, dan SABARA Polres Bulukumba. (r/ab)