Semarak Hari Kartini di Perth, Australia

By Admin

nusakini.com-- KJRI Perth menyelenggarakan kegiatan perayaan Hari Kartini yang diikuti oleh Masyarakat Indonesia yang berdomisili di Perth, Australia Barat, Sabtu (21/4). Perayaan ini mengangkat tema “Kartini Muda gapai cita-citamu”, membawa nuasa yang baru dari kegiatan ini. 

Konjen RI Perth, Dewi Gustina Tobing menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa Ibu Raden Adjeng Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Tema Kartini Muda diangkat mengingat banyak anak-anak dan remaja Indonesia yang berdomisili di Perth dengan orangtuanya, bersekolah di sekolah setempat sehingga kurang pemahamannya mengenai sejarah dan pahlawan Indonesia.  

Acara Kartini muda tidak hanya diikuti oleh anak dan remaja perempuan tapi juga laki-laki karena perjuangan Kartini adalah untuk kesetaraan sehingga perempuan dan laki-laki harus selalu saling mendukung dan berkerjasama. Para orangtua juga hadir untuk mendampingi putra putrinya. Acara Kartini Muda ini menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai sejarah dan pahlawan Indonesia dan untuk meningkatkan rasa kebangsaan mereka terhadap negara Indonesia.  

Dengan perayaan hari Kartini ini, anak-anak dan remaja didorong untuk semangat, tekun belajar untuk mencapai cita-citanya karena sebagai generasi muda, mereka adalah penerus bangsa dan pengisi pembangunan Indonesia. 

Kegiatan ini dimulai dengan parade busana daerah, Kartini got Talent, penampilan angklung dari DWP KJRI Perth dan interaktif kepada anak-anak serta remaja Indonesia di Perth mengenai Ibu Kartini dan perjuangannya. Pada sesi sebelumnya kepada Kartini muda Indonesia diberikan kesempatan untuk membuat surat kepada Menteri Luar Negeri. Anak-anak dan remaja Indonesia yang hadir dalam rangkaian acara tersebut mengikuti dengan semangat dan antusias. Para orangtua yang mendampingi juga sangat menghargai penyelenggarakan kegiatan ini dan menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin. Pengumuman para pemenang disampaikan pada akhir acara. 

Pelaksanaan hari Kartini ini ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dan ucapan syukur dan harapan kiranya kesan dan pesan pada momen hari kartini menjadikan generasi muda Indonesia yang berada di Perth sukses dalam segala bidang.(p/ab)