Semangat Muda Mengangkat Produk Lokal Luwu Utara

By Admin


Nusakini.com - "Kopi Toraja itu banyaknya dari Seko. Tapi kenapa ke mana-mana orang hanya tahunya Kopi Toraja, ya," tanya seorang mahasiswi Tita. Gadis manis asal Masamba, Luwu Utara ini, begitu tergelitik untuk tahu lebih banyak bagaimana cara "branding" produk lokal ala milenial.

Tita, yang pernah jadi Putri Pariwisata Indonesia, saat mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang itu mempromosikan dua hal khas dan unik dari daerahmya: kapurung (makanan pokok lokal dari sagu) dan kopi (dari Seko dan Rongkong).

Maka saat tim Co-Creation Perhutanan Sosial 4.0 mengajaknya bertemu lebih lanjut, Tita yang sekarang menjadi mahasiswa pariwisata di Institute Bisnis dan Keuangan Nitro di Makassar, begitu antusiasnya menyambut ajakan untuk ikut serta aktif mendorong "local branding" dari Luwu Utara agar bisa mendunia. 

Gadis berusia 21 tahun ini percaya dengan adanya kolaborasi dan sinergitas dengan segala pihak seperti pemerintah, masyarakat, anak muda dan stake holder lainnya, maka upaya untuk memperkenalkan daerah di mata bangsa dan tingkat dunia akan lebih mudah dilakukan.

"Anak muda memang masih sangat minim pengalaman, namun anak muda mampu menakar dan menoropong masa depan di era milenial ini," pungkasnya berbinar. (Tami)