Sekjen Kemenag: Jangan Sampai Petugas Haji Bertanya pada Jamaah

By Admin

nusakini.com--Sekjen Kemenag RI Nur Syam mengingatkan bahwa petugas haji mengemban tugas yang berat untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia. menurutnya, para petugas haji mengemban tugas Negara sebagaimana diamanatkan dalam UU No 8 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. 

Karena itu, Nur Syam meminta para petugas haji untuk menjalankan tugasnya secara bertanggung jawab dan professional. Caranya dengan memahami bidang tugasnya sehingga jangan sampai mereka justru tidak tahu dan bertanya pada jamaah. 

Jangan sampai petugas bertanya kepada jamaah, katanya saat menerima kunjungan para petugas haji dari lingkungan Sekretariat Jenderal Kemenag RI, Kamis (4/8). Nur Syam mengatakan, petugas haji harus menguasai medan. Mereka dituntut mampu memanfaatkan aplikasi peta yang bisa diakses pada gadget masing-masing guna mempermudah dalam menjalankan tugasnya. 

Sebanyak 14 petugas haji dari Setjen akan menjalankan tugas di Saudi Arabia. Mereka akan ditugaskan di tiga daerah kerja (daker) yang berbeda, yaitu: daker Airport Bandara Madinah Jeddah, daker Madinah, dan daker Makkah. Petugas Daker Airport dan Madinah akan terbang pada 6 Agustus dan melaksanakan tugas selama 72 hari. Sedang petugas Daker Makkah akan terbang pada 9 Agustus untuk bertugas selama 60 hari. 

Kepada mereka, Nur Syam mengingatkan bahwa menjadi petugas haji adalah takdir yang telah tercatat di Lauh Mahfuz jauh sebelum seseorang dilahirkan. Kita dapat bertakdir baik mungkin karena amalan-amalan baik yang kita kerjakan. Jika kita beramal baik, Insya Allah, Allah juga akan memberikan takdir yang baik kepada kita, katanya. 

Nur Syam mengajak jajarannya yang akan bertugas untuk senantiasa melakukan kebaikan-kebaikan karena dari kebaikan yang dilakukan akan berimbas pada hal-hal baik yang tidak diduga-duga sebelumnya. 

Menurutnya, petugas haji yang akan berangkat adalah orang-orang terpilih dari sebuah proses seleksi, dan itu patut disyukuri. Caranya dengan bekerja ssecara baik dan bertanggung jawab. Terlebih Tanah Arab merupakan tanah yang diberkahi oleh Allah. Sekjen berpesan agar petugas haji dapat menjaga lisan dan berbuat yang baik, melakukan hal yang positif untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat. 

Semoga dengan bertugas haji, kita dapat memberikan keberkahan bagi saudara-saudara kita, ujar Nur Syam. (p/ab)