Sekilas Tentang “BUMN Mengajar”

By Admin


nusakini.com - Program Siswa Mengenal Nusantara dan BUMN Mengajar Tahun 2016 merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk respon adanya pasang surut gelombang perubahan dunia yang menjadi tantangan bangsa ke depan, untuk terus memajukan peradaban bangsa, namun sekaligus tetap melestarikan kekayaan alam maupun keragaman yang dimiliki. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa termasuk tunas-tunas muda generasi penerus bangsa, harus mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa tercinta Indonesia. Janganlah dibiarkan perbedaan yang ada membuat lemah dan memicu konflik, namun saatnya bergandengan tangan menyongsong Indonesia Jaya yang penuh harapan.

Tujuan Program BUMN Mengajar adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam “membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)” mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta “Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa” serta memberikan kontribusi nyata pada masyarakat.

BUMN melaksanakan program BUMN Mengajar di wilayah dimana BUMN memiliki cabang, yang dilakukan oleh para Eselon 1 BUMN.

Pemilihan SMU/SMK dan waktu kegiatan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi setempat dan mengutamakan SMU/SMK yang berada di wilayah perbatasan dengan Negara lain.

Kegiatan dilaksanakan dimulai bulan Mei sampai dengan Desember Tahun 2016. (p/mk)