Sekda Kepri Himbau Pegawai Untuk Berzakat

By Admin

nusakini.com--Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau TS Arif Fadhilah menghimbau para pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, terutama yang beragama Islam untuk berzakat. 

Hal ini disampaikan Arif dalam kegiatan pengajian mingguan di Aula Kantor Gubernur Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (3/2).  

Untuk pengajian mingguan yang sudah berjalan selama tiga bulan ini, Arif pun memberikan apresiasi Positif kepada seluruh pegawai dilingkungan Pemprov Kepri. Selanjutnya meminta agar hal ini dipertahankan.  

"Kebetulan materi hari ini mengenai zakat, jadi saya menghimbau kepada seluruh pegawai di Lingkungan Provinsi Kepulauan Riau terutama yang muslim dan berpenghasilan lebih dari Rp3 juta agar menzakatkan hartanya. Karena hal ini sesuai dengan rukun Islam ke-3," kata Arif. 

Apalagi, lanjut Arif, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga sudah memberikan kemudahan dalam berzakat, yaitu melalui UPZ di masing-masing OPD yang beberapa waktu lalu sudah dikukuhkan. 

Di kesempatan yang sama ketua Baznas Provinsi Kepulauan Riau, Mustamin Husain pun mengingatkan selurih pegawa akan pentingnya zakat bagi kaum muslim. Karena ini merupakan amanah daru Alquran sesuai dengan QS. At-Taubah ayat 60. 

"Zakat itu ada 2 macam, yaitu zakat fitrah dan zakat maal, zakat maal inilah yang sebagian orang meninggalkannya, padahal zakat maal ini hanya 2 persen dari penghasilan. 

Bagi yang sudah menzakatkan hartanya, maka Allah menjanjikan akan melipatgandakan harta kita, masa tidak mau hartanya bertambah," kata Mustamin Husain. 

Mustamin juga menjelaskan tentang aturan dalam berzakat. Terutama agar para muzaky kemudian tidak timbul sifat riya' dan yang menerima zakat tidak merasa malu. 

"Dalam berzakat itu ada aturannya, tidak sembarangan, sehingga tidak muncul sifat sombong yang berzajat dan malu malu bagi penerima. Maka ada amil zakat yang akan mengurus zakat kita. Dan amil jugalah yang mendistribusikannya," kata Mustamin. (p/ab)