Sejam Temui Menteri ESDM, Menteri BUMN Sinergikan Visi-Misi Kabinet

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir di ruang kerjanya, Selasa (29/10). Pada pertemuan tersebut, Menteri BUMN didampingi Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin, sementara Menteri Arifin menyambut bersama Sekretaris Jenderal ESDM Ego Syahrial dan Plt Dirjen Migas Djoko Siswanto. 

"Kedua Menteri dalam kabinet baru ini sangat terkait erat. Pertemuan tadi merupakan awal sinergi ESDM-BUMN, yang ujung-ujungnya upaya meningkatkan lapangan kerja. Hal-hal yang dibahas antara lain percepatan kilang, implementasi B30, upaya meningkatkan lifting dengan teknologinya dan lain sebagainya," ungkap Ego Syahrial usai pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut. 

Lebih lanjut Ego mengungkapkan pertemuan antara kedua Menteri yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB ini dalam rangka sinergi BUMN-ESDM utk melaksanakan visi misi Presiden dalam peningkatan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian Nasional, terutama terkait pengelolaan energi dan sumberdaya mineral ke depannya, seperti migas, minerba, ketenagalistrikan juga EBT. 

"Ini baru pertemuan awal, komandan ketemu komandan. Nanti akan ada pembicaraan detil lebih lanjut, terkait juga soal percepatan jargas, koneksi pipa Jawa-Sumatera, RUU Minerba, EBTKE contohnya support terhadap pengembangan solar cell, dan lain-lain," ujar Ego. 

Ego menyebut, kedua Menteri akan mengevaluasi untuk mencari sinergi terbaik membangun negeri, utamanya dalam rangka menurunkan defisit neraca perdagangan dan meningkatkan perekonomian nasional. "Apa yang baik-baik dilaksanakan, dilanjutkan. Untuk Menteri ESDM sendiri saat ini sedang memanggil para pejabat tinggi dan mendalami permasalahan sektor-sektor di 11 unit utama, juga Badan Usaha sektor ESDM," pungkasnya. (p/ab)