Sebelum Debat ke-4 Pilpres, Ini yang Dilakukan Jokowi Pada Jurnalis

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo malam ini mengikuti debat ke-4 Pilpres 2019. Pada debat kali ini, Jokowi kembali membawa pulpen yang dalam debat kedua lalu sempat diributkan.

Yang menarik, Jokowi juga membagikan pulpen tersebut ke para wartawan yang sempat mewawancarainya sebelum ke lokasi debat di Shangri-La Hotel, Jakarta. Pada wawancara itu, Jokowi juga menjelaskan dirinya tak membaca materi untuk persiapan debat.

"Kita jalani saja bismillah, materi-materi yang nanti kita sampaikan insyaallah sudah siap," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019.

"Oh ya ini (membagi dua pulpen ke wartawan)," lanjut dia.

Jokowi menuturkan dalam debat dirinya akan menjelaskan soal politik luar negeri Indonesia. Hal itu sesuai dengan tema debat ke-4 ini.

"Ya semuanya, utamanya di pemerintahan juga, juga mungkin lebih detail di politik luar negeri kita, dan yang lain, mungkin ideologi. Ideologi yang dijalankan dalam kehidupan sehari-hari," ucap Jokowi.

Jokowi saat datang ke lokasi debat didampingi oleh Iriana Jokowi dan menantunya, Bobby Nasution. Saat ditanya kenapa tak bawa cucunya Sedah Mirah, Jokowi menjawab singkat.

"Enggak boleh maunya diajak," bebernya.

Mantan Wali Kota Solo mengatakan dirinya tak ada persiapan khusus jelang debat ke-4 ini. "Ah mengalir saja," jelas Jokowi.

Iriana sempat menuturkan Jokowi menyempatkan diri bermain bersama cucu jelang debat.

"Tadi main sama cucu (Sedah Mirah)," tuturnya. (p/ma)