Sandi Janji Kurangi 2 juta Pengangguran, Ma'ruf: Fakta, Saat Ini Angka Pengangguran Terendah dalam 20 Tahun Terakhir

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno menawarkan program Rumah Siap Kerja dalam debat pilpres ketiga pada Minggu (17/3/2019), untuk mengurangi pengangguran di Indonesia hingga 2 juta orang dalam lima tahun.

"Rumah Siap Kerja yang baru saja diluncurkan oleh Prabowo-Sandi menawarkan untuk anak muda kita link and match, karena sangat ironis, siswa-siswa SMK sekarang ini mendominasi jumlah pengangguran kita. 61% dari pengangguran kita adalah angkatan muda," kata Sandi di Hotel Sultan, Jakarta.

"Prabowo-Sandi yakin akan mengikis jumlah pengangguran di usia muda sebanyak 2 juta [orang] dalam lima tahun kami memerintah; dan kami yakin Indonesia menang, adil, makmur bersama Prabowo-Sandi."kata Sandi.

Sedangkan dalam debat tersebut, Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin, membanggakan capaian pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

"Tingkat pengangguran berada sangat rendah. 5,30-5,13 persen. Terendah selama 20 tahun. Pemerintah sudah bangun infrastruktur darat, laut, udara dan langit. Infrastruktur langit dari palapa ring, digital, sehingga tumbuh start up, bahkan unicorn. Tenaga kerja harus siap hadapi tantangan ke depan. 10 year challenge," jelasnya. (b/ma)