Sambutan Hangat Untuk "Surau & Silek" di Festival Film Menar di Bulgaria

By Admin


nusakini.com-​Sofia-​​Film Surau dan Silek (2017), yang ditayangkan di Cinema House Sofia, sukses mendapat sambutan hangat sekitar 300 penonton di Menar Film Festival Bulgaria. Festival, yang berlangsung di 4 cinema house di Kota Sofia pada tanggal 15-31 Januari 2019 tersebut, merupakan festival terbesar di kawasan Balkan yang menampilkan film - film dengan budaya Islami. 

Film produksi Mahakarya Pictures ini bercerita tentang Adil, anak yatim berusia 11 tahun yang ingin menjadi anak lelaki yang soleh agar ayahnya yang telah meninggal masuk surga. Adil bersama 2 orang sahabatnya juga berjuang berlatih bersama untuk memenangkan turnamen Silat di desanya.  

Sutradara dan penulis film tersebut, Arief Malinmudo menyampaikan rasa bahagianya akan keikutsertaan filmnya dalam festival dan berharap bahwa warga Bulgaria dan Eropa Timur dapat meresapi khasanah kebudayaan Indonesia melalui jendela film. Sesuai dengan tema festival, Surau dan Silek mencoba membingkai nilai - nilai Islam yang diterapkan sederhana pada kehidupan anak - anak yang terwujud lewat akhlak. 

Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid, menyatakan sangat senang melihat audience yang begitu antusias menonton film "Surau dan Silek" sampai selesai. Berbagai kalangan Duta besar negara-negara sahabat, akademisi, pelajar, budayawan, artis, dan publik Bulgaria semuanya sangat terkesan dengan tema cerita yang inspiratif bagi segala umur, pengajaran agama dan budaya mengenai nilai-nilai kemanusiaan yang hakiki dan nilai kebaikan versus kejahatan. Menurutnya, para penonton menyukai cerita yang begitu sederhana tapi menyentuh perasaan dan hati nurani. 

Beberapa penonton secara khusus juga menyampaikan apresisasinya akan film tersebut setelah acara kepada KBRI Sofia. Acara malam promosi indonesia di Menar Film Festival ini sukses juga berkat Pusbang Film Kemendikbud yang mendukung promosi film Indonesia di mancanegara.  

Film merupakan salah satu alat yang efektif dalam mempromosikan Indonesia. Melalui film Surau dan Silek, para penonton juga dibuai kehindahan panorama Bukitinggi yang diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan publik setempat ke Indonesia beyond Bali. Sebelum acara dimulai penonton juga disuguhkan makanan nusantara, kopi Sumatera dan foto-foto pemandangan Indonesia. 

Secara kesuluruhan kegiatan ini ditujukan untuk mengenalkan budaya dan keindahan Indonesia kepada publik setempat dan diharapkan akan semakin meningkatkan friends of Indonesia di Bulgaria dan jumlah turis yang akan datang ke Indonesia.(p/ab)