Sambut Wisman Polandia, Ini Target Kemenpar Tahun 2018 untuk Pengunjung Asal Eropa

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyambut 254 wisman asal Polandia yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali dengan menggunakan pesawat charter LOT Polish Airline, Senin (25/6).

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kemenpar, Agustini Rahayu, mengatakan total keseluruhan wisatawan mancanegara (wisman) asal Polandia yang akan datang berjumlah 2.540 orang.

“Rombongan yang tiba hari ini merupakan grup pertama dari total 10 grup yang akan datang dan berlibur ke Indonesia. Total keseluruhan wisman asal Polandia yang akan datang dengan pesawat LOT Polish Airline ini total 2.540 wisman sampai Oktober 2018,” kata Agustini Rahayu yang akrab disapa Ayu.

Acara penyambutan ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir; Duta Besar RI untuk Polandia, H.E. Peter F Gontha; serta Duta Besar Polandia untuk Indonesia, H. E. Beata Stoczyńska. Kedatangan wisman asal Polandia ini merupakan bentuk kerja sama program charter penerbangan langsung Warsawa-Denpasar sejak 2016.

“Setiap kelompok wisman Polandia akan berlibur di Indonesia selama 14 hari. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif dalam upaya pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia, dan Kementerian Pariwisata sangat mengapresiasi bentuk kerja sama ini,” tambah Agustini.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya keunggulan wisman Eropa adalah pada spread atau spending-nya dengan rata-rata 1.538 dollar AS tiap satu wisman per kunjungan.

“Meskipun jumlah wisatawan China lebih besar dari sisi total nilai, namun untuk perolehan devisa atau spending wisatawan Eropa lebih unggul mencapai 2,6 miliar dolar AS, sedangkan devisa dari wisatawan China sebesar 1,9 miliar dolar AS,” kata Menpar Arief.

Sebagai informasi, angka statistik dari Kementerian Pariwisata mencatat sekitar 1.862.231 wisman asal negara Eropa berkunjung ke Indonesia sepanjang 2017. Untuk 2018, Kementerian Pariwisata menetapkan target sebanyak 2.200.000 juta wisman asal Eropa atau 17 juta wisman secara keseluruhan. (p/ma)