Sambangi KPK, Menteri ESDM Bertekad Mengelola ESDM Lebih Transparan

By Admin

nusakini.com-- Usai bertemu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didepan awak media, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar menegaskan akan mengelola sektor energi dan sumber daya mineral dengan lebih transparan dan akuntable. Tekad tersebut akan diimplementasiakan Arcandra dengan menerapkan system pengelolaan yang terencana dan terukur. Senin (8/8). 

“Karena saya baru jadi Menteri, maka sebuah kerhormatan bagi saya bisa berkunjung ke KPK, bisa berkenalan, bisa mengetahui apa yang mesti dan bisa saya lakukan, dan apa yang tidak boleh saya lakukan dan apa yang seharusnya bisa saya lakukan,” ujar Arcandra ditemui usai pertemuan dengan pimpinan KPK.  

Jadi menurut Arcandra, pertemuan dengan pimpinan KPK ini adalah dalam rangka untuk mencegah tindakan melawan hukum dalam pengelolaan sumber daya alam di Kementerian ESDM serta perbaikan-perbaikan yang mungkin dilakukan sehingga pengelolaan sector esdm kedepan dapat lebih baik lagi terutama dalam hal transparansi dan bisnis proses yang transparan (accountable). 

“Kita akan membuat system yang lebih baik, terencana dan terukur dan saat ini masih dalam proses evaluasi, apa yang akan kita lakukan sehingga system itu bias berjalan dengan baik,” ungkap Arcandra.  

Sementara itu Wakil Ketua KPK, Laode Muhamad Syarif mengatakan, KPK saat ini telah memiliki sejumlah kajian terkait pengelolaan sektor esdm, mulai dari migas, tambang dan energy. Semua kajian-kajian yang dimiliki KPK tersebut dapat dimanfaatkan oleh semua pihak termasuk Kementerian ESDM terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam di Indonesia yang lebih transparan dan akuntable. 

Terkait dengan ditemukannya tambang-tambang bermasalah La Ode menambahkan. Tambang-tambang bermasalah dari segi perijinan yang jumlahnya sekitar 3.000 an, Menteri ESDM telah berjanji akan menindaklanjuti kedepan.(p/ab)