Sales Mission Tingkatkan Kerja Sama Industri Pariwisata Indonesia-Jerman

By Admin

nusakini.com-- KJRI Frankfurt telah mendukung pelaksanaan kegiatan Sales Mission Kepariwisataan di Kota Frankfurt. Kegiatan ini secara khusus mempromosikan wisata Bali dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata RI, bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung, Provinsi Bali, dan juga Visit Indonesia Tourism Office (VITO) Jerman tersebut berhasil mempertemukan 11 industri pariwisata Indonesia dengan sejumlah 32 pelaku bisnis dari 14 travel agent dan tour operator dari Kota Frankfurt dan sekitarnya.  

Terdapat antusiasme tinggi dari para tour agent/tour operator Jerman dalam membuat berbagai paket perjalanan melalui kerja sama dengan peserta dari Indonesia. Acara turut dimeriahkan dengan penarikan door prize yang diakhiri dengan acara makan malam bersama. Selain di Kota Frankfurt, kegiatan Sales Mission serupa juga telah diselenggarakan di Kota München pada tanggal 12 Maret 2018. 

Dalam sambutan pembukaannya, Acting Konsul Jenderal RI Frankfurt menyampaikan bahwa kegiatan Sales Mission diharapkan dapat secara efektif meningkatkan kerja sama antara industri pariwisata Indonesia dengan para tour agent/tour operator di Jerman, sehingga turut meningkatkan jumlah wisatawan Jerman ke Indonesia. Ditambahkan bahwa dari berbagai interaksi dengan warga Jerman dalam event promosi yang lakukan KJRI Franfurt, terdapat animo yang tinggi dari mereka untuk mengunjungi Indonesia. 

Bentuk pertemuan business-to-business (B2B) dalam format seminar presentasi dan networking tersebut mendapatkan sambutan positif dari para pelaku usaha pariwisata Jerman. Mereka juga mengapresiasi informasi yang disampaikan oleh KJRI Frankfurt mengenai berbagai kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan laju wisatawan asal Jerman ke Indonesia, seperti kebijakan bebas visa, gencarnya kampanye program promosi melalui iklan di media, partisipasi dalam pameran internasional, dan familiarization trip. ​ 

Pemerintah RI telah menetapkan target kunjungan sebesar 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019. Statistik Kementerian Pariwisata RI mencatat bahwa terdapat peningkatan jumlah wisatawan Jerman ke Indonesia dalam beberapa tahun terkahir, yaitu sebanyak 260.586 orang di tahun 2017, dari yang sebelumnya 231.000 orang (2016), 201.202 orang (2015), 184.463 orang (2014), dan 173.470 orang (2013). (p/ab)