Salep Daun Alpukat Siswa MAN Sergai Diganjar Perak pada IPITEX Thailand

By Admin


nusakini.com-Jakarta- Siswa madrasah kembali mengukir prestasi di ajang internasional. Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Serdang Bedagai (Sergai) yang tergabung dalam Tim Kompetisi Inovasi Internasional (KII) berhasil meraih medali perak pada Kompetisi Intellectual Property Invention Innovation And Technology Exposition ( IPITEX ) 2019. 

IPITEX berlangusng di Bangkok Internasional Trade and Exhibition Center ( BITEX ), 2 - 6 Februari 2019. Even ini diikuti ratusan tim yang berasal dari 20 negara di Asia.  

“Alhamdulillah, kita meraih medali perak. Meski bukan medali emas, tapi ini sudah cukup membanggakan, apalagi ini untuk pertama kali kita ikut dalam kompetisi di luar negara,” jelas Kepala MAN Sergai melalui pesan singkat, Selasa (12/02). 

“Kita akan terus bimbing siswa kita untuk tetap berlatih dan mengembangkan kemampuan yang ada dalam dirinya serta terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru hasil karya mereka, sehingga siap kapanpun dikirim untuk mengikuti kompetisi," lanjutnya. 

Menurut Fahri, Tim KII MAN Sergai pada IPITEX mempresentasikan hasil inovasi ilmiah berupa Salep Daun Alpukat (SADUKAT). SADUKAT ini dijadikan alternatif untuk menyembukhan luka bakar. Inovasi ini telah diujicobakan kepada Mencit (tikus percobaan) dan telah diteliti di Laboratorium Universitas Sumatera Utara (USU). 

“Selain salep, Siswa MAN Sergai juga mencoba mengembangkan sabun dan lotion dengan tujuan agar luka bakar cepat sembuh dan tanpa bekas,” tambahnya. 

Fahri berharap, Tim KII MAN Sergai tidak cepat puas diri dengan keberhasilan mereka. Sepulangdari Thailand, Tim KII MAN Sergai harus tetap belajar untuk mengembangkan lagi inovasi yang sudah mereka lakukan selama ini. (p/ab)