nusakini.com-Jakarta-Wilayah RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dipilih menjadi lokasi pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) sejak tahun 2018. 

Ketua RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Muhammad Sardini mengatakan, warga melakukan penghijauan lingkungan, pengurangan sampah melalui pemilahan sejak dini, serta membuat sistem pembuangan limbah yang baik, dan sanitasi sehat

"Untuk mewujudkan Proklim, warga bahu-membahu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," ujarnya, Kamis (18/4). 

Dijelaskannya, dalam mewujudkan Proklim, bantuan juga datang dari Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait di Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

"Selain pendampingan, kami juga mendapatkan bantuan langsung seperti, tanaman, pot, hingga peralatan untuk menjaga kebersihan," terangnya. 

Ia menambahkan, di tahun 2019 peningkatkan kualitas lingkungan terus dilakukan seperti, pembuatan kolam gizi, serta taman perpustakaan di sejumlah gang. 

"Kesadaran masyarakat untuk menjaga dan mewujudkan lingkungan yang sehat, asri, serta bersih semakin meningkat," ungkapnya. 

Sementara, Camat Cempaka Putih, Andri Ferdian menuturkan, pada tahun 2019 pihaknya mengajukan sebanyak enam titik dari tiga kelurahan untuk pelaksanaan Proklim. 

"Proklim banyak memberikan manfaat. Kita ingin kesadaran warga terus tumbuh karena kita hanya meminjam bumi ini, kita dan generasi selanjutnya yang harus menjaga," tandasnya.(p/ab)