Runway Bandara Andi Djemma Lutra Segera Diperpanjang

By Admin


nusakini.com - Masamba - Runway Bandara Andi Jemma Masamba, di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, akan diperpanjang. Adapun Runway yang saat ini hanya 900 meter x 23 meter , akan ditambah menjadi 1.600 x 30 meter. 

Tentang pembebasan lahannya, warga pemilik tanah sudah menyetujui bersama Pemda Luwu Utara untuk 5 hektare lahan yang dibutuhkan. Hal ini diungkapkan, Kepala Bandara Andi Djemma Masamba Rasidin, S.Kom diruang kerjanya, Selasa, (18/12/2018).

Rasidin, mengatakan, bahwa tahun 2017 masterplan pengembangan bandara itu sudah direview dan saat ini sudah diproses penandatanganan Menteri Perhubungan.

“Saat pembahasan rencana usulan tahun 2019 yakni memperpanjang runway ternyata disetujui 1.200 x 30 meter. Kami berharap perpanjangan runway menjadi 1.600 meter dapat selesai di tahun 2020 agar Masamba dapat didarati pesawat berbadan besar seperti pesawat jenis ATR 72-600,” tutur Rasidin.

Menurutnya, saat ini Bandara Andi Jemma melayani penerbangan perintis rute Masamba – Rampi – Palu PP dan Masamba – Seko – Palu PP terbang seminggu enam kali, yakni hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu.

Serta rute Masamba – Seko – Toraja yang terbang seminggu dua kali, yakni hari Rabu dan Jumat, yang masing-masing penerbangan dilayani oleh maskapai Susi Air.

Penerbangan perintis di bandara ini memudahkan berbagai kegiatan masyarakat yang berada di daerah terpencil seperti Seko dan Rampi yang akses menuju daerah tersebut terbilang sangat sulit karena berada di atas gunung, juga membantu mendongkrak perekonomian daerah,” ujar Rasidin. (sm/mk)