RSUD Brebes Tetap Layani Masyarakat Saat Lebaran

By Admin

nusakini.com--Lebaran bukan menjadi alasan para abdi negara untuk berhenti memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Mungkin demikian yang dapat menggambarkan kondisi pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Brebes dan Puskesmas Kaligangsa Brebes.

Keduanya berada di jalur utama mudik Kab Brebes, sehngga membuat unit layanan ini harus selalu siaga memberikan pelayanan baik bagi masyarakat Brebes maupun bagi pemudik yg berasal dari luar kota. 

Sebagai contoh, RSUD Brebes menangani pasien mudik yang meninggal akibat kelelahan terjebak kemacetan di jalan. Dengan tujuan mengutamakan pelayanan publik prima, pegawai dituntut untuk disiplin sejak dimulainya arus Mudik hingga pasca lebaran. "Semua pegawai disini ditekankan untuk disiplin. Baik dokter maupun perawat jaga tidak ada yang absen," kata Inneke Tri Sulistiowati, Kepala Bidang Keperawatan RSUD Kabupaten Brebes, Sabtu (9/7). 

Dikatakan, pelayanan di unit kesehatan ini tidak ada yang berbeda baik saat cuti bersama dan libur lebaran maupun hari biasa, kecuali poliklinik. "Meskipun poliklinik baru aktif Senin mendatang, kami tetap melayani IGD 24 jam. Pelayanan BPJS juga dilayani setiap hari," lanjut Inneke. 

Hal senada juga terjadi di Puskesmas Kaligangsa Brebes. "Kami sudah aktif melayani pasien semenjak H+1 lebaran, namun jumlahnya tidak sebanyak hari biasa," ujar dr. Ign Adhi PA, dokter umum di Puskesmas Kaligangsa. (p/ab)