RPTRA Dewi Shinta Himpun Donasi untuk Korban Terdampak Karhutla

By Al


nusakini.com - Jakarta - Pengelola RPTRA Dewi Shinta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, bekerja sama dengan keluarga mahasiswa penggiat lingkungan hidup farmasi UHAMKA (KMPLH-FARKA) menggelar donasi bagi korban terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Riau.

Rencananya, pengumpulan donasi dalam bentuk masker tersebut akan dilaksanakan hingga Kamis mendatang.

Pengelola RPTRA Dewi Shinta, Winda menjelaskan, aksi donasi ini merupakan bentuk kepedulian warga Jakarta Utara, khususnya di Kelapa Gading untuk membantu meringankan warga di wilayah terdampak.

"Kami sudah berkordinasi dengan pengelola RPTRA se-Kelapa Gading untuk turut menyosialisasikan. Kegiatan dimulai dari 20 September lalu," katanya

Dilanjutkan Winda, dalam aksi pengumpulan bantuan bagi korban terdampak kebakaran hutan ini, pihaknya hanya menerima donasi dalam bentuk masker. Nantinya, masker akan dikirim dan didistribusikan ke lokasi terdampak. 

Bagi masyarakat yang berdomisili di kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya serta ingin berpartisipasi, Winda mempersilakan untuk langsung datang ke RPTRA Dewi Shinta atau RPTRA terdekat yang menyosialisasikan aksi keprihatinan untuk menyerahkan donasi. Distribusi hasil donasi itu nantinya akan diprioritaskan bagi kelompok usia anak sekolah mulai SD-SMA sederajat.

"Hingga hari ini kita sudah himpun 5.000 masker. Donasi kita akan buka hingga Kamis esok," katanya.

Salah seorang warga Komplek HII, RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Erna (39) mengapresiasi sosialisasi kegiatan yang juga menyasar ke anak-anak usia PAUD. Aksi tersebut menurutnya akan membangun semangat kepedulian dan kebaikan bagi anak-anak.

"Mudah-mudahan apa yang didonasikan ini bermanfaat bagi warga, khususnya anak sekolah di wilayah terdampak," tandasnya.