RPTRA Anggrek Bintaro Tetap Eksis Jadi Tempat Latihan Tari

By Al


nusakini.com - Jakarta - Selain tempat untuk bersantai warga, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek Bintaro di RT 08/12, Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, hingga kini juga masih eksis sebagai lokasi berlatih seni tari.

Pengelola RPTRA Anggrek Bintaro, Farida mengatakan, seni tari khususnya tarian Betawi menjadi fokus utama dalam pengembangan minat warga, terutama anak-anak. Total ada 30 anak dari usia 8-12 tahun yang ikut dalam pelatihan tari.

Mereka berlatih setiap hari Kamis pukul 16.00, dan Sabtu pukul 11.00-13.00. Tidak hanya tari Betawi, ada beberapa jenis tarian daerah lain yang dilatih di tempat ini.

"Di RPTRA Anggrek Bintaro juga ada pelatihan tarian Jawa, Sunda dan Padang. Tarian Betawi tetap ada dan itu kami buktikan sampai saat ini pelatihan dan muridnya tetap ada," ujar Farida

Pelatihan tari ini, sambung Farida, sudah ada sejak Januari 2016. Dibandingkan awal mengadakan pelatihan, mempertahankan eksistensi lebih sulit. Terkadang banyak anak yang mulai bosan berlatih.

"Makanya kita terus berinovasi dengan sistem pelatihannya, agar mereka tetap termotivasi dan senang," ucapnya.

Andini (9), salah satu anak yang menjadi peserta pelatihan mengaku sangat senang bisa menampilkan tarian khas Betawi.

"Sudah latihan dari kelas 2 (SD). Ya senang bisa menari, sudah empat kali tampil di sekolah dan acara 17 Agustus," ungkapnya.

RPTRA Anggrek Bintaro sendiri memiliki luas lahan 2.376 meter persegi. Di RPTRA ini juga terdapat fasilitas permainan anak, jogging track, lapangan futsal, kolam ikan, ruang baca dan lainnya.