Rosberg Cetak Hattrick, Rio Finis Di Posisi 20

By Admin


nusakini.com Pebalap Mercedes, Nico Rosberg mencetak hattrick gelar musim ini setelah berjaya pada GP China di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (17/4/2016). Sementara pebalap Manor Racing asal Indonesia finis di urutan ke-21. 

Jalannya balapan berjalan seru sejak start. Daniel Ricciardo yang memulai lomba dari grid kedua langsung menyodok ke posisi terdepan melewati Nico Rosberg yang start dari pole.

Drama terjadi pada tikungan pertama. Duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, saling bersenggolan. Vettel menabrak Raikkonen karena menghindari manuver agresif Daniil Kvyat (Red Bull). Sayap depan mobil Vettel patah. Sementara itu, moncong dan sayap depan mobil Raikkonen rusak.

Insiden tersebut menimbulkan efek domino. Felipe Nasr yang mencoba menghindari mobil Raikkonen malah menyenggol mobil Lewis Hamilton. Sayap depan Hamilton patah dan masuk ke kolong mobil. Raikkonen dan Hamilton mesti langsung masuk pit.

Pada lap ketiga, giliran Ricciardo yang ketiban nasib sial. Sedang mencoba mempertahankan posisi dari kejaran Rosberg, ban belakang sebelah kiri mobil Ricciardo pecah di trek lurus. Menurut keterangan Pirelli, ban mobil Ricciardo pecah gara-gara serpihan mobil (debris) di trek. Ricciardo mesti masuk pit. Posisi terdepan pun direbut Rosberg.

Insiden pecahnya ban Ricciardo memicu keluarnya bendera kuning dan safety car untuk memberikan kesempatan kepada marshal membersihkan debris dari mobil Ricciardo. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh mayoritas pebalap untuk masuk pit.

Ketika safety car keluar, duo Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, ada di posisi 10 besar. Rio di peringkat kedelapan, sedangkan Wehrlein di urutan keempat. Namun, saat safety car keluar, posisi keduanya langsung melorot dan terlempar ke luar 10 besar.(ab)