RI-Sri Lanka Bahas Upaya Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan

By Admin

nusakini.com--Di sela-sela Pertemuan Bali Democracy Forum ke-10 di Banten (7/12), Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Urusan Luar Negeri Sri Lanka, Vasantha Senanayake. 

Menlu Retno menyambut baik langkah untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan antar kedua negara. Tercatat bahwa saat ini, tengah dibahas rancangan Preferential Trade Agreement (PTA) oleh instansi terkait di kedua negara. 

Lebih lanjut, sebagai bagian dari rencana kunjungan kerja Presiden RI ke Asia Selatan, dan sebagai bentuk kunjungan balasan Presiden Sri Lanka pada bulan Maret 2017, Presiden RI berencana untuk melakukan kunjungan kerja ke Sri Lanka pada awal tahun 2018 ini. 

Menlu Retno juga mencatat trend positif dalam peningkatan hubungan dagang antar kedua negara, dimana terdapat peningkatan 14,6 % total perdagangan bilateral pada periode Januari – Agustus 2017, jika dibandingkan pada periode yang sama tahun 2016.  

Trend positif ini ingin terus didorong oleh kedua negara melalui pembahasan rencana mempromosikan turisme budaya dan penerbangan langsung yang diharapkan meningkatkan hubungan ekonomi Indonesia dan Sri Lanka. (p/ab)