RI-Jepang Sepakati Kerjasama Pengelolaan Lingkungan Hidup

By Admin

nusakini.com--​Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar bersama Menteri Lingkungan Hidup Jepang, Kouichi Yamamoto telah menandatangani perpanjangan Memorandum of Cooperation (Moc) dalam bidang Lingkungan Hidup di Tokyo pekan lalu.. MoC kedua negara sebelumnya telah ditanda tangani tahun 2012 dan berakhir tahun 2015. 

"Perpanjangan MoC ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Jepang khususnya dalam hal perlindungan dan perbaikan lingkungan hidup," demikian rilis KBRI Oslo yang diterima Portal Kemlu akhir pekan lalu. 

Dalam kunjungannya ke Jepang, Menteri Siti menyampaikan pidato kebijakan mitigasi nasional Indonesia pada Simposium Internasional yang dilaksanakan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) di Tokyo University.  

Menteri Siti juga melakukan pertemuan dengan para petinggi JICA untuk membahas proyek-proyek kerja sama di Indonesia.​ 

Kunjungan kerja Menteri LH dan Kehutanan juga disertai dengan kunjungan lapangan dan peninjauan pengelolaan limbah menjadi energi (waste to energy) yang berasal dari biomass di Kota Kawasaki, Kanagawa dan yang berasal dari sampah di Nerima, Tokyo. (p/ab)