Respon Naiknya Harga Cabai Hingga Beras, Kementan Gelar Pasar Murah

By Admin


nusakini.comJakarta - Lonjakan harga cabai dan bawang merah dalam sepekan ini direspon cepat oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dengan menggelar pasar murah yang menyediakan cabai, bawang merah dan beras di 3 lokasi Jakarta.

Lokasi tersebut yakni di Pasar Minggu (depan Mall Ramayana), Pasar Pondik Labu dan gedung Central Promosi dan Pemasaran Produk Pertanian Jakarta Selatan.

Di pasar murah ini, masyarakat bisa mendapatkan cabai dengan harga Rp 30.000/kg, bawang merah seharga Rp 25.000/kg, dan beras Rp 7.500/kg. Total sebanyak 1 ton-1,5 ton cabai, bawang merah, dan beras digelontorkan Kementan dalam kegiatan ini. Pasar murah diadakan sejak pukul 09.00 WIB pagi ini hingga seluruh komoditas terjual habis.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Gardjita Budi, pasar murah ini diadakan dengan tujuan menunjukkan kepada masyarakat bahwa suplai pangan cukup dan bisa dijual dengan harga murah.

"Ini untuk menunjukkan bahwa suplai banyak, harga bisa turun. Pasar murah ini juga untuk stabilisasi harga, ini kita coba," kata Gardjita, di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Dia menuturkan, pihaknya membeli bawang merah, cabai, dan beras langsung dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Sukabumi, Garut, dan Banten. Cabai dibeli dengan harga Rp 28.000/kg dari Gapoktan, bawang merah Rp 20.000/kg, dan beras Rp 7.100/kg-Rp 7.300/kg.

Ditambah biaya pengangkutan ke Jakarta, ketiga komoditas tersebut masih bisa dijual murah. "Di pasar murah ini kita tidak ambil untung. Tapi kalaupun ambil untung, masih bisa dijual murah. Beras misalnya, dijual Rp 7.600/kg juga sudah untung," paparnya.(mk)