Rencanakan Pembangunan Kota Lewat Musrenbang

By Admin

nusakini.com--Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. Untuk memudahkan usulan pembangunan kota, Pemkot Surabaya menerapkan usulan berbasis elektronik (e-Musrenbang). 

Masyarakat dapat menyampaikan usulan pembangunan secara langsung sejak dari tingkat RW. Selain usulan melalui RW, warga juga dapat menyampaikan usulan melalui komunitas. Dengan demikian, warga tidak perlu lagi bingung untuk menyampaikan usulan pembangunan. 

"Usulan Musrenbang tahun ini bermacam-macam dan bervariasi mulai dari cctv, pintu air rumah pompa, pembebasan jalan, limbah rumah sakit, destinasi wisata sampai sarana olahraga," ujar Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ketika membuka acara Musrenbang Kota Surabaya tahun 2018 di Ruang Sidang Walikota, Balaikota Surabaya, Selasa (27/3). 

Risma menyampaikan mengenai masalah cctv yang akan digalakkan di setiap kampung, akumulasi dana yang dibutuhkan sangatlah besar. Oleh sebab itu ia menghimbau kegiatan wajib lapor 1x24 jam kepada setiap tamu asing. "Kekuatan di masyarakat akan jauh lebih penting karena untuk melindungi semua terutama anak-anak. Mereka nanti bisa kena trauma, bahkan dia akan menjadi pelaku juga kalau dibiarkan," tutur Risma. 

Walikota perempuan pertama Surabaya ini juga menjelaskan mengenai pintu air, rumah pompa dan pematusan. "Kita pasang tanggul laut untuk waspada banjir rob, tanggul sepanjang pantai timur Surabaya sudah dibangun sepanjang 2 km. Di Surabaya Utara kita bangun di Kalianak, Sememi, Kandangan, Sumber Rejo dan Romokalisari. Box culvert di kawasan banyu urip bukan hanya untuk jalan tapi fungsi utamanya untuk mengalihkan irigasi ke saluran pematusan," kata Risma. 

Pembahasan selanjutnya, mengenai sarana olahraga. Risma menyatakan tahun depan akan menambah fasilitas Olahraga di antaranya mengembalikan Gelora Pancasila, Kolam Renang gratis bagi pelajar Surabaya yang berlokasi di Jambangan, akan membuat kolam renang berstandar internasional akuatik di 2019. Tak hanya itu, Walikota peraih banyak penghargaan ini juga akan merenovasi dan menambah lapangan panahan di Gelora 10 November. "Kita pasti bisa bikin Sea Games di Surabaya ke depannya, kita optimis pasti bisa," ucap Risma. 

Surabaya juga akan miliki Kebun Raya Mangrove pertama di dunia. Hal tersebut disampaikan Risma dalam kesempatan pagi itu. "Kita akan bekerja sama dengan LIPI, pembebasan lahan akan dilakukan agar kawasan ini lebih intensif selain jadi kawasan observasi juga menjadi pusat pengkajian dan penelitian. Saya optimis Mangrove akan jadi wisata dunia," pungkas Risma. (p/ab)