Rehabilitasi Terpadu Personel Pertahanan Penyandang Disabilitas Untuk Pribadi Mandiri dan Profesional

By Admin

nusakini.com-- Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Laksma TNI dr Janti Undari MKK Msi (Han), Rabu (20/7), membuka Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan dan TNI Tingkat Terampil Angkatan XLI Gelombang II TA 2016 di Pusat Rehabilitasi Kemhan, Bintaro, Jakarta Selatan. Rehabilitasi terpadu yang berlangsung selama 4,5 bulan ini diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari Kemhan 2 orang, Mabes TNI 1 orang, TNI AD 59 orang, TNI AL 12 orang, dan TNI AU 1 orang. 

Dalam amanatnya, Kapusrehab Kemhan Laksma TNI dr Janti Undari MKK Msi (Han) menjelaskan bahwa rehabilitasi terpadu bagi personel pertahanan ini dimaksudkan agar para penyandang disabilitas pertahanan menjadi insan yang mandiri dan profesional serta tetap produktif dengan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan. Dalam program rehabilitasi ini, para peserta rehabilitasi akan mendapat kesempatan mempelajari 16 jurusan keterampilan yang telah disiapkan sesuai dengan bakat, minat, kecacatan dan lingkungan tempat tinggal masing-masing peserta.

Jurusan keterampilan yang telah disiapkan tersebut adalah: jurusan automekanik mobil, automekanik motor, teknik pendingin, teknik elektronika, teknik komputer, operator komputer, fotografi, penjahitan, pertanian terpadu, musik, desain grafis, pertukangan kayu, las, massage dan tata boga. Para oeserta juga akan dibekali dengan ilmu manajemen dan kewirausahaan agar mempunyai bekal yang cukup serta dapat membaca peluang usaha yang menguntungkan.

Selama kegiatan rehabilitasi terpadu ini berlangsung, para peserta juga diberikan kesempatan meningkatkan kesehatan fisik dan psikis melalui upaya rehabilitasi medik yang dilaksanakan oleh bidang rehabilitasi medik dan RS dr Suyoto Pusrehab Kemhan. Para peserta juga mendapatkan pelayanan rehabilitasi sosial berupa bimbingan psikologi dan sosial, pembinaan mental, pembinaan rohani serta bimbingan kewirausahaan untuk menumbuhkan kepercayaan diri, kesadaran dan tanggung jawab serta kemampuan menyesuaikan diri di lingkungan masyarakat.(p/ab)