Realisasi Investasi Cina di Indonesia Naik 400%

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Realisasi investasi negara Cina di Indonesia hingga triwulan I-2016 melonjak 400% atau mencapai 500 juta dolar AS dibanding triwulan I-2015 lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani yang mengatakan saat ini Negeri Tirai Bambu tersebut tengah gencar-gencarnya berinvestasi di luar negeri.

"Kenaikan yang 400% ini kan sebenarnya lebih membuktikan bahwa investasinya lebih cepat dibandingkan realisasinya," kata Franky di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (25/4/2016).  

Menurut Franky, Cina berinvestasi di banyak sektor industri tanah air, mulai dari pembangunan smelter hingga pabrik semen di Papua. 

"Ada elektronik juga ada, industri perikanan ada pengalengan ikan juga ada. Variasinya jauh lebih banyak sekarang tidak hanya smelter, tapi memang kalau smelter itu kan nilai investasinya besar," jelasnya. 

Selain Cina, ada empat negara lain yang banyak berinvestasi di Indonesia, yaitu Singapura (US$ 2,9 miliar), Jepang (US$ 1,6 miliar), Hong Kong (US$ 0,5 miliar), dan Belanda (US$ 300 juta). 

Total investasi di tiga bulan pertama tahun ini tercatat Rp 146,5 triliun, meningkat 17,6% dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 124,6 triliun.(mk)