Ras Muhamad Mengentak Sziget Festival Hongaria

By Admin

nusakini.com--Ras Muhamad, musisi asal Jakarta mewakili Indonesia dalam Sziget Festival 2016 di Budapest, Hongaria  akhir pekan lalu. Sebelumnya, penyanyi Reggae ini  turut serta dalam Ostroda Reggae Festival 2016 di Polandia. 

Ras Muhamad yang merupakan satu-satunya artis dari Asia, tampil memukau dengan musik reggae ala Indonesia. Aksi panggungnya yang atraktif dan komunikatif mendapatkan sambutan hangat dari para penikmat musik di panggung Afro-Latin-Reggae, Sziget Festival, tak jarang Ras Muhamad tampak mencoba memperkenalkan bahasa Indonesia dan mempromosikan batik kepada para penonton. Dari 14 lagu, Lagu "Salam", "Leluhur", dan "Lion Roar" sukses membuat musik Reggae dengan sentuhan Indonesia menyihir pengunjung Sziget Festival selama 90 menit. 

"'Music and Fashion Diplomacy' adalah nilai tambah Ras Muhamad," ujar Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, "Ciri khas yang membuatnya layak menyandang gelar Indonesia's Reggae Ambassador."  

Penampilan Ras Muhamad dalam Sziget festival juga sukses mencuri perhatian media Nasional Hongaria dan menempatkan musisi Indonesia di center stage festival musik dunia. 

Tampilnya Ras Muhamad, Duta Reggae Indonesia di panggung Sziget Festival, Hongaria merupakan salah satu langkah nyata KBRI Budapest dalam mempromosikan Indonesia dalam bidang musik. Karena walaupun musik reggae identik dengan Jamaika, namun Ras Muhamad sukses memberikan sentuhan berbeda dalam gaya musiknya dengan menghadirkan alunan gendang, suling dan instrumen tradisional khas Indonesia yang lekat dengan budaya Tanah Air. Dilengkapi dengan kostum bernuansa batik, Ras Muhamad dalam setiap penampilannya sukses menghadirkan nuansa Indonesia. 

Ras Muhamad sendiri merupakan artis solo Indonesia pertama yang tampil di acara festival musik bergengsi ini. Penampilannya oleh panitia Afro Latin Stage disebut sebut sebagai the most remarkable artist on Afro-Latin-Reggae Stage 2016. 

Pada tahun 2016 ini, KBRI Budapest bersama Kedutaan Besar Prancis dan Inggris menjadi official partner Sziget Festival dengan menghadirkan Ras Muhamad. Sziget Festival sendiri merupakan salah satu pentas musik terbesar di Eropa yang rutin diadakan setiap tahun di Budapest, Hongaria. Sziget Festival pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan dari Uni Eropa sebagai Best European Line-Up at European Festival Award. 

Tahun ini Sziget Festival yang ke-24 menampilkan lebih dari 1000 musisi dunia dan dikunjungi oleh kurang lebih dari 450.000 pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Selain Ras Muhamad, Sziget Festival 2016 juga menampilkan artis artis dunia lainnya seperti Rihanna, David Guetta, Muse, Shia dan masih banyak lagi. (p/ab)