Ramadhan Tumbuhkan Semangat Beribadah dan Silaturahmi di Kamboja

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadhan, masyarakat Indonesia dan masyarakat setempat termasuk mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menempuh studi di Kamboja dan Jamaah Tabligh yang sedang berada di Kamboja, bersama-sama dengan antusias melaksanakan buka puasa dan Shalat Taraweh berjamaah di Wisma Duta Besar di Phnom Penh, Kamboja (19/5). Buka puasa bersama dan taraweh berjamaah juga dilaksanakan di Gedung KBRI Phnom Penh pada hari ini yang bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional yang ke-110 (20/5). 

“Kita bisa manfaatkan momentum Ramadhan ini selain untuk memperkuat iman kita, juga sekaligus mempererat silaturahmi baik antar sesama WNI maupun masyarakat setempat" Ucap Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng saat membuka rangkaian acara di kediamannya di Wisma Duta. Setelah sambutan Dubes RI, acara dilanjutkan dengan siraman rohani, buka puasa, Shalat Maghrib, makan malam, Shalat Isya dan Shalat Taraweh berjamaah. 

‘Meskipun sedang tidak berada di tanah air, saya sangat senang sekali bisa berbuka bersama dan Shalat berjamaah di bulan yang penuh rakhmat ini dengan saudara-saudari di Kamboja, saya merasa berada di Indonesia’, kata salah satu WNI yang hadir pada saat itu. Acara bukan hanya dihadiri oleh warga Muslim saja, masyarakat yang non-Muslim pun turut merasakan nuansa Ramadhan yang penuh kekeluargaan.  

Kegiatan Buka Puasa dan Shalat Tarawih berjamaah ini akan dilaksanakan setiap Sabtu di Wisma Duta dan Minggu di Gedung KBRI Phnom Penh selama bulan Ramadhan dengan kontribusi dan partisipasi dari beberapa masyarakat Indonesia. Setiap sebelum berbuka, diadakan kajian Islam/siraman rohani secara bergantian oleh Ustad Ardi Firosa dan Ustad Ahmad Dimyathi yang sudah 2 (dua) tahun mengajar pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab di Cambodia Islamic Center (CIC). (p/ab)