Rakernas JAMAN Gelar Seminar 'Kedaulatan Pangan untuk Rakyat'

By Admin


nusakini.com - Bogor - Dengan mengusung tema: “Kemandirian Nasional Sebagai Jembatan Emas Indonesia”, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) hari pertama organisasi kemasyarakatan, Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) menggelar seminar dengan mengangkat subtema yang bertajuk , “Kemandirian Pangan Untuk Rakyat”, di The Pelangi Hotel & Resort, Bogor Jawa Barat, Jumat (16/3/2018).

Seminar ini menghadirkan Kepala Pusat (Kapus) Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Tri Agustin dan Staf Khusus Bidang Kebijakan Pertanian Kementan, Sukriansyah S. Latief mewakili Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Dalam paparannya, Tri Agustin mengungkapkan berbagai program unggulan dari Kementan terkait upaya Indonesia menuju kemandirian pangan, baik yang telah dilakukan maupun rencana aksi yang akan dilakukan.

Tri Agustin menyampaikan seluruh upaya yang dilakukan Kementan bermuara pada terwujudnya Kedaulatan Pangan untuk rakyat. Kebijakan tersebut, baik pada hulu maupun hilir, dari peningkatan produksi pangan, kesejahteraan petani, transformasi teknologi pertanian berbasis entrepreneurship (agribisnis) hingga ketahanan pangan menjadi prioritas utama Kementan.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Umum JAMAN, Iwan Dwilaksono yang mengatakan, program Kementan dinilai telah bergerak dalam koridor yang tepat. Berbagai capaian yang dihasilkan menunjukkan arah menuju Kedaulatan Pangan tesebut.

Seperti diketahui, Kedaulatan Pangan telah menjadi tujuan pembangunan nasional yang juga tercantum dalam visi-misi pemerintahan Jokowi-JK serta menjadi program strategis Kementerian Pertanian. Dengan demikian, seminar Kedaulatan Pangan yang digelar JAMAN memang terasa cukup signifikan dalam upaya membantu pemerintah mencapai target tersebut.

Menurut Iwan, gelaran seminar ini menjadi bagian dari program JAMAN untuk ikut bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia. Iwan menyampaikan upaya pemerintah dalam mencapai kedaulatan pangan harus dibantu oleh seluruh komponen bangsa. 

Untuk itu, kata Iwan, visi-misi Kedaulatan Pangan Pemerintaan Jokowi-JK telah diimplementasikan dengan baik oleh Kementerian Pertanian. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai langkah terkait pembangunan kedaulatan pangan berbasis agribisnis kerakyatan, upaya menyetop impor pangan khusus untuk produk pangan strategis serta upaya memperkokoh ketahanan pangan dengan menyediakan stok bahan pangan pokok yang terdistribusi merata serta mengangkat harkat kesejahteraan petani.

Rakernas JAMAN dijadwalkan berlangsung tiga hari, mulai tanggal 16-18 Maret dengan membahas tiga sektor strategis nasional seperti pangan, energi dan maritim. (eg/ma)