nusakini.com-Makassar – Rombongan Benchmarking Diklat Kepemimpinan TK IIl Angkatam VIII Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (KDOD) LAN Kota Samarinda Propinsi Kalimantan timur berkunjung ke Kantor Balaikota Makassar. Selasa (23/4).

Kunjungan Benchmarking Angkatan VIII Samrinda ke locus Pemerintah Kota Makassar adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan peserta diklat dalam mengidentifikasi, memahami, dan secara kreatif pengembangan proses, produk, layanan, dalam meningkatkan kinerja di masing masing SKPD didaerah Peserta diklat. 

Ketua Rombongan Diklat Pim lll yang juga kepala Puslitbang dan KDOD LAN Samarinda Dr. Mariman Darto, M.Si. mengatakan alasan kunjungannya ke Kota Makassar, karena dibawah kepemimpinan Wali kota Makassar Danny Pomanto, meraih berupa penghargaan top leader sebagai walikota yang mempunyai 100 inovasi versi Majalah Tempo. 

“Hal inilah yang mendasari kami berkunjung ke kota Makassar. Benchmarking adalah tugas yang sangat penting membangun sebuah Midle praktek terbaik, sehingga kami memilih kota Makassar sebagai Benchmarking ke Best Practice yang mempunyai berbagai macam inovasi ,” ucapnya. 

Dia menyebut ada beberapa hal sehingga Makassar menjadi pilihan tepat sebagai pendekatan menjadi studi tiru. 

“Dengan membandingkan apa yang berjalan di instansi masing masing dengan inovasi di kota Makassar dapat menjadi contoh identifikasi untuk dijadikan sebagai proyek perubahan.Tidak hanya sekedar menyusun leason best practice melainkan mengadopsi hal penting untuk ditawarkan masing masing ditempat kita untuk diadaptasi,”ujarnya. 

Sementara itu kepala BKPSDMD Kota Makassar Siswanta Attas dihadapan peserta benchmarking diklatpim lll menjabarkan berbagai inovasi yang telah di terapkan pemkot Makassar. 

“Pemkot Makassar saat ini telah menjadikan kota Makassar sebagai kota layak anak, Smart city dengan War room dengan menerapkan Tehknologi informasi digital sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya menjadii Kota berkelas dunia,” jelasnya. 

Selama berada di Makassar Rombingan Diklatpim lll yang berjumlah 40 orang akan mengunjungi beberapa instansi Pemerintah Kota Makassar diantaranya; Dinas Damkar kota Makassar, Diskominfo, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.(dayat/ab)