Puslatan Kirim Peserta Pelatihan Alsintan ke CV. Karya Hidup Sentosa Yogyakarta#

By Abdi Satria


nusakini.com-Yogyakarta-Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing, Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) menjalin kerjasama pelatihan dengan dunia usaha dan Dunia Industri (DUDI), yaitu CV. Karya Hidup Sentosa, PT. Yanmar, PT. Adib Gloal Food Supplies, PT. United Tractor, PT. Medion Farma Jaya, PT. Estika Tata Tiara dan PT Swen Inovasi Transfer.

Penandatanganan kerjasama ini berlangsung pada tanggal 26 April 2019. Untuk tahap pertama, CV. KHS menyatakan kesiapan melatih peserta yang berasal dari 10 UPT pelatihan Pertanian Pusat.

Pelatihan yang diselenggarakan adalah Pelatihan Substantif Alat dan Mesin Pertanian. Pelatihan ini berlangsung selama 7 hari  dimulai dari tanggal 14 – 20 Mei 2019, di Yogyakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ketenagaan pelatihan pertanian yaitu Widyaiswara, Tenaga Teknis dan Pengelola P4S. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 15 orang dengan rincian 5 orang Widyaiswara, 6 orang Tenaga Teknis dan 4 orang Pengelola P4S.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian (Kapuslatan), Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M menjelaskan bahwa, Pusat Pelatihan Pertanian sangat konsen terhadap program-program yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian, dan akan selalu mendukung dengan mengerahkan segala sumberdaya untuk menyukseskanya.

Untuk diketahui, salah satu program utama Kementerian Pertanian adalah menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045. Dimana bentuk perhatian Kementerian Pertanian untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan).

“Bantuan Alsintan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian Indonesia, salah satunya produksi pangan,” terang Ir. Bustanul.(p/eg)