Pupuk Kaltim Berpartisipasi Lepasliarkan Orangutan

By Admin

nusakini.com- PT Pupuk Kaltim berpartisipasi melepasliarkan sedikitnya lima ekor orangutan berusia 9-10 tahun ke habitatnya di hutan melalui Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. 

Demikian dikatakan GM Umum PT Pupuk Kaltim Nur Sahid. Dijelaskannya, orangutan Kalimantan diklasifikasikan sebagai satwa yang terancam punah dan termasuk dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN).  "Saat ini, keberadaannya semakin sedikit di seluruh Kalimantan," katanya. 

Menurut Nur Sahid, lima ekor orangutan itu dilepaskan  di Hutan Kehje Sewen, Samboja Lestari, Kalimantan Timur. Di pun berharap hutan tempat orangutan hidup mendapat perlindungan. 

Menurut dia, penebangan liar, kebakaran hutan atau pengalihfungsian hutan menjadi perkebunan dan pertambangan menyebabkan habitat orangutan semakin terancam.  "Belum lagi ancaman perburuan, perdagangan satwa liar, bahkan pembantaian yang akhir-akhir ini marak terjadi," katanya. 

Oleh karena itu, lanjut dia, sejak April lalu, PT Pupuk Kaltim membantu program rehabilitasi dan pelepasliaran orangutan sebesar Rp100 juta melalui Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. 

"Kami sangat mendukung program ini, karena orangutan merupakan satwa khas Kalimantan, perlu diselamatkan dan dilindungi dari segala ancaman bahaya," katanya. (p/ab)