PTKIN se- Jawa dan Madura Gelar Pekan Pengembangan Bakat Mahasiswa

By Admin

nusakini.com--Ribuan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Jawa dan Madura berkumpul di IAIN Purwokerto. Mereka menggelar Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) PTKIN. 

Gelaran ini dibuka oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin di Hall IAIN Purwokerto. “Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan IPPBMM dan semoga menjadi instrumen untuk pengembangan karakter mahasiswa,” ucap Kamarudin di Purwokerto, kemarin.

Menurut Guru Besar UIN Alauddin Makasar ini, mahasiswa generasi millenial yang hidup di era revolusi generasi ke-4 mempunyai tantangan yang tidak sedikit. “Masalah karakter dan moral menjadi sesuatu yang fundamental yang harus mendapat perhatian secara khusus,” tegas Kamarudin. 

“Karakter moral dan karakter kinerja harus dipadukan dengan baik dan IPPBMM merupakan ikhtiar untuk memadukan kedua karakter itu,” sambungnya. 

Di hadapan peserta, Kamarudin berharap even IPPBMM bisa menghasilkan terobosan produktif, serta mempertajam literasi, kemampuan inovasi dan pengembangan karakter mahasiswa PTKIN. 

Rektor IAIN Purwokerto Luthfi Hamidi mengatakan, perguruan tinggi sebagai institusi pendidian bukan saja berkewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, tetapi juga menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimin bangsa masa depan. “Mahasiswa yang memiliki kecerdasan menyeluruh, baik intelektual, emosional, sosial spiritual dan fisik, menjadi bekal penting menjadi pemimpin,” kata Alumni UIN Jogjakarta ini. 

Luthfi menegaskan bahwa olahraga dan seni akan melatih kompetisi secara sehat, mengembangkan kepribadian yang luhur semangat dan nilai-nilai disiplin, sportivitas, demokrasi, dan profesional.  

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama selaku Ketua Panitia Suprianto melaporkan IPPBMN akan berlangsung dari 24 - 27 April 2018 di kampus yang sedang dalam proses transformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) ini. IPPBMM diikuti 1.423 peserta dari 31 PTKIN se-Jawa dan Madura. Ada juga sebagian peserta yang berasal dari PTKIN di Luar Jawa. 

Para peserta akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu dari sembilan cabang olahraga, sembilan cabang seni, dan dua cabang karya ilmiah. Suprianto berharap IPPBMM menjadi sarana efektif mengembangkan prestasi mahasiswa PTKIN dan menjadi medium silaturrahmi.  

“Sebagai tuan rumah kami bertekad sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, karena IAIN Purwokerto mencanangkan tahun 2018 sebagai tahun prestasi” kata Supri. (p/ab)