PT INTI Dukung Upaya Atasi Banjir Sungai Citarum

By Admin

Sungai Citarum 

nusakini.com - PT INTI (Persero) kembali menunjukkan keterlibatannya untuk mendukung upaya pembenahan lingkungan melalui salah satu produk andalannya yaitu Smart Control Unit (SCU) yang memiliki prinsip kerja sebagai peringatan dini pencegah banjir (flood forecasting water system/FFWS). Bertempat di Grand Royal Panghegar, Bandung, pada Seminar bertajuk "Solusi Penanggulangan Banjir Citarum", produk yang merupakan platform lengkap sebuah general purpose logger ini dipamerkan untuk menjadi salah satu solusi penanggulangan banjir yang akhir-akhir ini terjadi di berbagai tempat.

 Seminar yang berlangsung pada Selasa, 15 November 2016 itu dibuka langsung oleh Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi. Turut hadir pula Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat Anang Sudarna, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Yudha Mediawan, serta anggota Masyarakat Hidrologi Indonesia.

 Para praktisi dan birokrat dari Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Balai Besar Wilayah Sungai, dan sejumlah peserta seminar yang tergabung dalam Masyarakat Hidrologi Indonesia (MHI) pun menunjukkan antusiasmenya dengan aktif menanyakan soal mekanisme kerja SCU. Apalagi, perangkat sistem yang mengintegrasikan Logger, GSM Modem, Solar Charger Controller, dan Cycles Use Battery ini sudah terpasang di puluhan lokasi di seluruh Indonesia.

 Soal manfaat yang didapat pun banyak. Sebab, perangkat sistem ini dapat memberikan data penting seperti level ketinggian air, curah hujan sepanjang waktu, tingkat oksigen terlarut, tingkat pH air, daya hantar listrik (DHL) air, serta menjadi alarm peringatan sebelum terjadinya banjir. Mudah-mudahan, SCU bisa menjadi salah satu solusi penanggulangan banjir. (p/mk)