PSM Universitas Hasanudin Raih Emas dalam World Choir Games Tshwane 2018

By Admin

nusakini.com--Putra putri terbaik dari Timur Indonesia kembali menorehkan prestasi di kompetisi paduan suara internasional World Choir Game Tshwane 2018 yang berlangsung di Pretoria dari tanggal 4-14 Juli 2018. 

Paduan Suara Universitas Hasanudin Makassar (PSM UNHAS) berhasil meraih medali emas dalam kategori c27 Scenic Folklore dengan nilai 80.50 hanya berbeda 3 point dari DSG st mary choir salah satu kelompok paduan suara terbaik di afrika selatan. Dalam nomor ini Paduan suara yang diketuai Anshari Sanusi tersebut membawakan pesona Sulawesi Selatan diantaranya Pengantin Adat Bugis, dan Upacara Mangrara Tongkonan di Toraja. 

Ratusan penonton dari berbagai bangsa dan negara yang memadati State Theater Pretoria memberikan standing applause di akhir persembahan eksotis PSM Unhas. Dengan kostum yang menarik ditambah paduan suara yang kompak, PSM UNhas dapat menawan hati tidak saja para juri namun masyarakat afrika selatan dan peserta dari 60 negara di dunia yang menghadiri. 

Tidak hanya PSM Unhas, kelompok paduan suara asal Papua Iyakoko Patea, berhasil mendapatkan medali perak pada kategorIP PANGGUNG 1.jpgi Folklore Acapella. Iyakoko Patea yang dalam setiap akhir penampilannya membentangkan bendera merah putih selalu menjadi primadona World Choir Game karena penampilannya mengenakan kostum khas adat Papua . 

World Choir Game yang pada kali ke-10 ini dilaksanakan di Pretoria Ibukota Afrika Selatan adalah kompetisi paduan suara internasional yang diikuti oleh lebih dari 300 kelompok paduan suara 16000 peserta dari lebih 60 negara di dunia. dari Indonesia selain Iyakoko Patea, PSM Unhas terdapat juga kelompok paduan suara asal Manokwari Pamjek Symphony choir yang baru akan berkompetisi pada.minggu kedua. Dapat dibayangkan.betapa sulitnya para duta-duta budaya Indonesia mempertahankan kejayaan merah putih. apalagi 147 peserta paduan suara berasal dari Tuan rumah afrika selatan 

Duta Besar RI di Afrika Selatan, Salman Al Farisi menyampaikan ucapan selamat kepada kelompok Paduan Suara yang telah mengharumkan nama bangsa. Sebagaimana arahan Duta besar dalam acara ppenyambutan grup paduan suara asal indonesia. kemenangan harus diraih, namun yang lebih penting adalah membuka mata dunia terhadap nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.(p/ab)