PSBL Harapan Sentosa 1 Dilengkapi Klinik Kesehatan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta melakukan terobosan dengan membuka Klinik Tiendra di Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, klinik ini didedikasikan untuk warga binaan PSBL Harapan Sentosa 1.

"Klinik ini menjadi yang perdana ada di panti sosial di DKI Jakarta," ujarnya

Irmansyah menjelaskan, dengan adanya klinik tersebut maka ratusan warga binaan sosial yang biasanya rawat jalan ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur, saat ini bisa mendapat pelayanan kesehatan cukup di panti.

"Ini luar biasa. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Klinik ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada warga binaan, serta dapat menjadi contoh bagi panti sosial lainnya," terangnya.

Kepala PSBL Harapan Sentosa 1, Maria Margareta menjelaskan, panti di bawah naungannya ini memiliki 816 warga binaan yang setiap hari harus menjalani rawat jalan ke RSKD Duren Sawit.

"Jarak antara panti ke RSKD Duren Sawit ini mencapai 37 kilometer dan waktu tempuhnya untuk pulang pergi bisa empat jam," ungkapnya.

Menurutnya, di Klinik Tiendra warga binaan sosial bisa mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa dan berbagai layanan kesehatan lain seperti, saraf hingga paru.

"Pemberian layanan kesehatan diberikan oleh dokter umum, dokter spesialis gangguan jiwa, dokter spesialis saraf, dokter spesialis penyakit dalam," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Kisworowarti mengapresiasi adanya Klinik Tiendra ini. Dia mengaku siap jika nantinya ada pelayanan BPJS yang dibutuhkan mengingat kebutuhan warga binaan di PSBL Harapan Sentosa 1 merupakan pengobatan jangka panjang.

"Kami sangat mengapresiasi di dalam panti ini sudah ada klinik utama yang semua izinnya sudah dilengkapi. Semuanya di sini hampir 100 persen peserta BPJS Kesehatan. Kami sudah ada MoU," tandasnya.

Untuk diketahui, Klinik Tiendra ini telah dilengkapi peralatan kesehatan untuk mendukung pelayanan sumbangan dari berbagai rumah sakit di Jakarta seperti, RS Pondok Indah, RS Hermina Daan Mogot, RS Hermina Depok, RS Mitra Keluarga Kalideres, RS Mitra Keluarga Kemayoran, RS Khusus Bedah Halimun, RS Ciputra, RS Columbia Asia, RS MRCCC, dan RS Medistra.