Proses Pemulihan Terus Berlangsung, Pertamina Berikan Bantuan Kepada Warga Margo Mulyo dan Kariangau

By Admin

nusakini.com-- Ditengah proses pemulihan musibah ceceran minyak Teluk Balikpapan, Pertamina terus memberikan aksi nyata sosial berupa bantuan kepada para warga terdampak musibah, Rabu (11/4). 

Bantuan berupa paket sembako diberikan kepada warga di Kelurahan Margo Mulyo dan Kariangau. 

Region Manager Communication & CSR Kalimantan Yudy Nugraha menjelaskan, bantuan ini merupakan aksi lanjutan kegiatan social yang sudah dilakukan sejak tanggal 1 april 2018. 

“Kami berterima kasih karena bantuan ini diterima dengan baik oleh warga Margo Mulyo dan Kariangau sebagaimana kegiatan yang telah kami lakukan sebelumnya di wilayah Margasari, kampong Baru, Semayang, dan Penajam’, ujar Yudi. 

Selain bantuan sembako kepada warga terdampak, Pertamina juga telah melakukan aksi social bersama masyarakat berupa pembersihan lingkungan, pendirian posko kesehatan di empat kelurahan, dan secara konsisten melakukan gas test untuk mengecek kadar gas level tetap di posisi aman. 

Proses Pemulihan  

Hingga hari ke sebelas pasca musibah ceceran minyak di Teluk Balikpapan, hingga saat ini proses investigasi terus berlangsung, Pertamina terus melakukan penanggulangan ceceran minyak Teluk Balikpapan. Setelah wilayah perairan bersih, Pertamina melanjutkan Pertamina menerjunkan tim verifikasi pembersihan minyak Teluk Balikpapan untuk mengidentifikasi tingkat kandungan minyak di sejumlah wilayah terdampak. Verifikasi yang dimulai sejak Selasa (10/4) dilakukan di wilayah terdampak yang terbagi menjadi 4 zona. 

Region Manager Communication & CSR Kalimantan Yudy Nugraha menjelaskan, wilayah terdampak dibagi menjadi 4 zona yang mewakili setiap kecamatan.  

“Keempat zona tersebut adalah Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kecamatan Balikpapan Kota dan Kecamatan Penajam,” katanya. 

Secara detail kelurahan yang masuk dalam masing-masing zona adalah zona 1 terdiri dari Kelurahan Baru Tengah, Kelurahan Baru Ulu, Kelurahan Kariangau, Kelurahan Margasari, Kelurahan Margo Mulyo. Zona 2 terdiri dari Kelurahan Prapatan, Kelurahan Klandasan Ulu, Kelurahan Klandasan Ilir dan Kelurahan Damai. Zona 3 terdiri dari Kelurahan Damai Bahagia, Kelurahan Damai Baru, Kelurahan Gunung Bahagia, dan Kelurahaan Sepinggan. Dan zona 4 terdiri dari Kelurahan Penajam. 

Lebih lanjut Yudy menjelaskan, tim verifikasi akan memastikan bagaimana kondisi terkini di wilayah terdampak. Hal ini penting agar ada standar yang sama untuk semua wilayah terdampak. (p/ab)