Promosikan Keramahan Indonesia di Nordic Travel Fair, Finlandia

By Admin


nusakini.com-​Helsinski-Indonesia kembali berpartisipasi pada Matka Nordic Travel Fair di Messukeskus Convention and Exhibition Center, Helsinki, 17 - 20 Januari 2019 lalu. Partisipasi Indonesia dilakukan secara bersama oleh KBRI Helsinki, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Kalimantan Selatan. Sebanyak 10 tour operator/resort hotel Indonesia turut berpartisipasi dalam pameran tersebut dengan menjual berbagai macam paket wisata Indonesia. 

Paviliun Wonderful Indonesia menampilkan Indonesia sebagai negara kepulauan beriklim tropis yang menawarkan destinasi alam, budaya, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia kepada wisman Nordik dengan Kapal Phinisi dan Candi Borobudur sebagai focal point paviliun. 

Selain mempromosikan pariwisata Indonesia, partisipasi Indonesia pada Matka 2019 juga menampilkan berbagai macam budaya Indonesia dan kopi serta jamu khas Indonesia. Kehadiran Indonesia pada Matka 2019 diperkuat dengan penampilan budaya Indonesia di panggung utama Inspiration Stage yang berhasil memukau para pengunjung.

Sedangkan penampilan budaya di paviliun Wonderful Indonesia dan D.I. Yogyakarta, serta maskot Bekantan dari Kalimantan Selatan, selalu disambut dengan antusiasme luar biasa dari para pengunjung. Kopi khas Indonesia yang dibuat oleh barista dan jamu yang dibuat mixologist Indonesia menambah ketertarikan pengunjung untuk mendatangi paviliun Indonesia di Matka 2019. 

Pada Matka 2019, KBRI Helsinki juga mengadakan resepsi yang dibuka oleh Duta Besar RI Helsinki, Ibu Wiwiek Setyawati Firman dan Gubernur D.I. Yogyakarta, Bapak Hamengku Buwono X. Resepsi tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting Pemerintah Finlandia, tour operator ternama di Finlandia dan Estonia, dan Pacific Asia Travel Association (PATA) Finlandia, serta beberapa pengusaha kopi (roaster) Finlandia.

Pada kesempatan tersebut, Mr. Mahesh Paliyath selaku perwakilan Qatar Airways Finlandia, mempromosikan sejumlah opsi penerbangan yang nyaman dan dengan harga yang kompetitif yang dioperasikan Qatar dari Finlandia dan negara Nordik lainnya menuju Indonesia. 

D.I. Yogyakarta untuk pertama kalinya turut berpartisipasi pada Matka Nordic Travel Fair dengan membuka paviliun tersendiri. Dalam kegiatan tersebut, Pemda D.I. Yogyakarta yang dipimpin oleh Gubernur D.I. Yogyakarta, Bapak Hamengku Buwono X, terdiri dari pelaku industri pariwisata, tim kesenian, KADIN, dan Badan Promosi Pariwsata, dengan menghadirkan paket wisata dan produk D.I. Yogyakarta. BKPM D.I. Yogyakarta berkesempatan memaparkan mengenai bandara internasional Yogyakarta yang akan dibuka pada bulan April 2019 , sehingga terdapat direct flight dengan akses penerbangan international dari banyak negara, termasuk Eropa, ke Yogyakarta.

Pada pertunjukan di panggung utama Inspiration Stage, tim kesenian D.I. Yogyakarta menampilkan Sendratari Arjuna Wirajaya yang berhasil memukau dan mendapatkan standing ovation dari para pengunjung Matka Nordic Travel Fair 2019. 

Sebagai upaya memperkenalkan ecotourism sebagai destinasi wisata andalan Kalimantan Selatan, KBRI Helsinki bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan promosi paket wisata ecotourism di paviliun Indonesia diiringi dengan penampilan tari-tarian khas Kalimantan Selatan, antara lain tari Radap Rahayu, Japin Sigam, dan alat musik tradisional Sape. 

Untuk kedua kalinya, KBRI Helsinki menggandeng Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jawa Tengah, Bapak Sugeng Waskito, yang juga merupakan desainer Gee Batik Yogyakarta, selama 2 (dua) hari berturut-turut mengisi panggung utama Inspiration Stage Matka 2018 dengan menampilkan pertunjukan kolaborasi beberapa tarian yaitu Pendet dan tarian dari Kalimantan Selatan yaitu Baksa Kembang, Mohing Asang, Bagalang Tandik, serta Paris Barantai, dipadu dengan peragaan busana batik yang terbuat dari bahan-bahan sutra berkualitas tinggi dengan berbagai motif tradisional Indonesia.(p/ab)