Promosi Wonderful Indonesia di Bus Kota dan TV Noumea

By Admin

nusakini.com--​Masyarakat New Caledonia dan wisatawan dari Australia, Jepang dan Cina yang mengunjungi Noumea bakal sering melihat promosi Wonderful Indonesia di bis kota dan TV NC 1ere selama bulan Desember 2016 dan awal tahun 2017. Berbagai gambar obyek wisata Indonesia yang ditampilkan seperti Bali, Jakarta, Borobudur, Golf dan Spa menghiasi bagian belakang Karuia Bus yang setiap hari mengelilingi setiap sudut kota Noumea 

Konsul Jenderal RI Noumea,Widyarka Ryananta mengemukakan,"Kami terus melakukan branding Wonderful Indonesia melalui promosi media luar ruang dan televisi. Diharapkan semakin banyak warga New Caledonia dan turis asing yang sedang mengunjungi wilayah seberang lautan Prancis di Pasifik Selatan ini, tertarik untuk berlibur ke Indonesia". 

Lebih lanjut dikatakan Konjen Widyarka, bahwa target promosi Wonderful Indonesia melalui bis kota dapat dilihat paling tidak 80 ribu kendaraaan setiap harinya. Sementara iklan melalui media televisi diharapkan dapat disaksikan sekitar 57.500 penonton seusai tayangan berita malam. 

Selain itu, KJRI Noumea juga gencar melakukan promosi pariwisata Indonesia di New Caledonia selama tahun 2016. Mulai dari penyelenggaraan seminar promosi kepada pelaku usaha industri pariwisata, kerjasama promosi paket wisata dengan Asosiasi Travel Agent dan Tour Operator di Noumea dan Bali, mengikuti berbagai pameran, festival budaya dan kesenian serta menerbitkan publikasi khusus berupa booklet yang dibagikan ke masyarakat. 

Menurut data dari Badan Statistik New Caledonia (ISEE), sejak awal tahun sampai dengan akhir September 2016, jumah wisatawan New Caledonia yang datang ke Indonesia berjumlah 1045, mengalami kenaikan 48 % jika dibandingkan selama tahun 2015 yang hanya mencapai 705 orang. 

Berdasarkan hasil survei, turis New Caledonia yang berlibur ke Indonesia mayoritas datang berkelompok dan mereka menyukai wisata alam, kemudian disusul wisata kuliner dan budaya. Bali masih menjadi favorit daerah tujuan wisata, karena adanya connecting flight dari Sydney pada hari yang sama. 

Salah satu karakteristik turis New Caledonia yang perlu dipahami, mereka ingin agar paket wisata yang ditawarkan tidak terlalu padat jadwalnya, sehingga dapat menikmati setiap obyek wisata yang dikunjungi. Mereka juga ingin memanfaatkan kunjungan tersebut untuk menikmati relaksasi seperti fasilitas Spa dan kebugaran. Selain itu, mengingat warga New Caledonia dalam kesehariannya berbahasa Prancis, mereka akan merasa nyaman apabila tour guide nya mampu berkomunikasi dalam Bahasa Prancis. (p/ab)