Promosi Pariwisata Indonesia di Vilnius, Lithuania

By Admin

nusakini.com-- Pada hari kedua pelaksanaan pameran pariwisata Adventur 2018 di Lithuanian Exhibition and Congress Centre (Litexpo), Vilnius, Lithuania, KBRI Kopenhagen mendapatkan kehormatan untuk mengadakan kegiatan presentasi mengenai daerah tujuan wisata di Indonesia, bertempat di panggung utama Hall I Litexpo.

Kegiatan itu menghadirkan dua tour operators dari Indonesia dan Lithuania, serta dipadati oleh hampir 200 orang pengunjung yang terdiri dari para tour operator, pelaku bisnis pariwisata, masyarakat umum, WNI dan diaspora Indonesia di Lithuania. 

Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar RI,Muhammad Ibnu Said mengundang para pelaku usaha pariwisata dan masyarakat Lithuania untuk berkunjung ke Indonesia yang menawarkan beraneka ragam jenis pariwisata, seperti wisata alam, seni, makanan, kesehatan, dan aneka hiburan, yang tersebar di seluruh kawasan nusantara.

Presentasi tersebut diharapkan dapat menjadi ajang networking antara para pelaku usaha wisata dari Indonesia dan Lithuania, khususnya dalam memperoleh informasi dan pemahaman mengenai daerah tujuan wisata di Indonesia, yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dari Lithuania ke Indonesia. 

Pada kesempatan itu, tour operator dari Lithuania, yaitu Aza Tour, menyampaikan penjelasan mengenai Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat internasional, namun tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari Lithuania yang menyukai wisata alam dan budaya.

Sementara Adventure Indonesia sebagai tour operator dari Indonesia, memberikan fokus pada daerah tujuan wisata lainnya di luar Bali yang termasuk dalam 10 daerah tujuan wisata baru dan dikenal sebagai “New Bali", dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing. 

Selain mempromosikan berbagai daerah tujuan wisata di nusantara, KBRI Kopenhagen juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk kembali menampilkan seni tradisional Indonesia berupa tarian Nandak, Enggang, Merak, dan Tanduk Majeng / Ngapoteh yang dibawakan oleh kelompok tari INDA Group dari Kopenhagen. Secara khusus pada hari kedua ini juga ditampilkan tari Kandagan dari Jawa Barat yang dibawakan oleh eks penerima beasiswa Darmasiswa dari Lithuania, Ms. Egle Kardiukovaite. 

Di samping itu, sambil menikmati hiburan yang ada, para pengunjung yang hadir juga disuguhkan dengan aneka ragam masakan khas tradisional Indonesia yaitu rendang daging, ayam Tuturuga, asinan Jakarta, kerupuk, yang disanding dengan nasi putih, serta makanan ringan berupa pastel dan kembang goyang.

Secara umum, kegiatan presentasi sekaligus pertunjukan budaya dan kuliner Indonesia itu mendapatkan sambutan meriah dari para pengunjung yang merasa terhibur sekaligus mendapatkan informasi yang lebih detil terkait daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia. Banyak dari pengunjung yang juga berharap agar restoran Indonesia dapat segera dibuka di Lithuania. (p/ab)