Promosi Indonesia di Jantung Kota Perth Berlangsung Meriah

By Admin


nusakini.com-Perth-Masyarakat Perth hadir memenuhi jantung Kota Perth yang terkenal dengan sebutan Forrest Place untuk menyaksikan pagelaran akbar KREASI (Kuliner, Etnik, dan Seni) Indonesia,  akhir pekan lalu. KREASI Indonesia yang telah empat kali dilaksanakan ini bertujuan untuk mempromosikan budaya, kuliner nusantara, destinasi wisata serta produk Indonesia. 

Bertemakan "Bali and Beyond", KREASI Indonesia 2018 bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata Bali dan 10 destinasi Bali Baru. KREASI Indonesia berlangsung 8 jam non stop dan dimeriahkan oleh lebih dari 300 pendukung acara. Acara KREASI Indonesia ini sangat dinikmati pengunjung yang terus memenuhi Forrest Place. Demikian juga untuk stall makanan yang menjual makanan dari berbagai daerah yang banyak diminati oleh pengunjung. 

Kreasi Indonesia diselenggarakan oleh Masyarakat Indonesia di Perth bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perth dan Kementerian Pariwisata RI. Seperti tahun lalu, acara KREASI Indonesia dipenuhi oleh pengunjung baik warga negara Indonesia, warga Australia maupun warga asing lainnya. Pemilihan lokasi di pusat keramaian sangat efektif dalam menarik perhatian pengunjung warga Australia. 

Dalam ajang Kreasi Indonesia, masyarakat Indonesia serta murid-murid sekolah di Australia Barat dan Tim Kesenian Kota Ambon mempersembahkan berbagai tarian dan pertunjukan musik dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu terdapat stall makanan dan non makanan yang merepresentasikan Indonesia. 

Dalam sambutan pembukaan, Konsul Jenderal RI Perth, Dewi Gustina Tobing menyampaikan apresiasi kepada berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Australia Barat yang telah bersama-sama berkontribusi bagi pelaksanaan KREASI Indonesia. Diharapkan agar KREASI Indonesia dapat memperkuat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Australia.

Selain itu, Kreasi Indonesia diharapkan juga dapat mempopulerkan destinasi selain Bali mengingat warga Australia Barat umumnya mengenal Bali sebagai tujuan wisata. Konjen juga sampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Australia untuk kegiatan ini. Diharapkan KREASI Indonesia semakin memperkuat hubungan kerja sama people to people antar kedua negara. 

Pertunjukan budaya diisi dengan berbagai tarian, antara lain tari Pendet, Ondel-ondel, Gambyong Nyai Lenggang, Segara dan Jaipong oleh masyarakat Indonesia dan sanggar Tari Indonesia di Perth. Pertunjukan musik diisi dengan gamelan dan angklung oleh Sekolah setempat yaitu Methodist Ladies College dan Bentley Primary School, Dharma Wanita Persatuan KJRI Perth dan organisasi masyarakat Indonesia di Perth. Tim Kesenian dari Ambon yang dibawa oleh Wali Kota Ambon turut memeriahkan panggung Kreasi Indonesia dengan pertunjukan menarik dari Ambon. 

Sesi penutup atau puncak acara berupa pertunjukan spektakuler oleh penampilan memukau tarian Api yang dibawakan oleh grup Jatayu Production.  

Tarian Api ini sangat spektakuler. Menurut Nona Lawoliyo, pemimpin group Jatayu Production Tarian Api itu melambangkan persatuan dan kekuatan jiwa yang ada dalam diri masing-masing. Kekuatan ini dituangkan dalam penyajian tarian Api. Tidak tanggung-tanggung, para penari Tarian Api ini didatangkan langsung dari Indonesia dan Gold Coast. 

Selain on-stage performance, KREASI Indonesia juga menyajikan 35 booth yang menjual bermacam makanan dan produk Indonesia. Lebih dari 100 variasi makanan dijual pada acara KREASI Indonesia seperti masakan Jawa, Sunda, Yogyakarta, Padang, Makasar, Palembang, Manado, Medan dan daerah lainya. 

Untuk booth non food, KJRI Perth menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kota Ambon, Dharma Wanita Persatuan KJRI Perth, Batik House dan Komunitas Kopi di Perth dalam memperkenalkan berbagai produk Indonesia seperti kopi, kerajinan tangan, batik dan pernak-pernik khas Indonesia. KJRI juga menyediakan door prize kepada pengunjung yang disponsori oleh Atlas Pearl, BPPD Bali, Bali Beautiq Spa, dan The Perth Bowen Clinic. 

KJRI juga memberikan workshop cara membatik dan memainkan gamelan serta menggandeng para NGO Indonesia seperti Balai Bahasa Indonesia dan Australia Indonesia Youth Association untuk mempromosikan Indonesia. Garuda Indonesia serta travel agent Real Indonesia hadir menawarkan tiket dan paket wisata “Bali and Beyond". (p/ab)